Pemprov Sulteng terima penghargaan sebagai daerah berstatus UHC

id Uhc, BPJS kesehatan, Pemprov Sulteng, Ma'mun Amir, Wagub Sulteng, JKN, kis, wapres, Ma'aruf amin

Pemprov Sulteng terima penghargaan sebagai daerah berstatus UHC

Tangkap layar, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma'mun Amir (kanan) menerima penghargaan dari Wakil Presiden RI, Ma'aruf Amin atas capaian Sulteng mewujudkan cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) yang berlangsung di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3/2023). ANTARA -HO-BPJS Kesehatan Cabang Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menerima penghargaan sebagai daerah berstatus cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) dari Pemerintah Pusat atas dukungan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional.

 

"Sulteng salah satu provinsi dari sejumlah daerah di tahan air mendapat penghargaan ini, dan kami berterima kasih kepada BPJS Kesehatan atas kerja sama dalam membangun derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik," kata Wakil Gubernur Sulteng melalui keterangan tertulisnya di terima di Palu, Kamis, saat menerima penghargaan daerah berstatus UHC di Jakarta.

 

Menurut dia, predikat ini tidak bisa terwujud tanpa dukungan semua pihak, termasuk masyarakat yang telah mendaftarkan diri sebagai peserta JKN, dan BPJS Kesehatan Cabang Palu dan Cabang Luwuk, Kabupaten Banggai memiliki peran besar atas capaian ini.

 

Sebagai mana tugas BPJS Kesehatan, katanya, memfasilitasi jaminan dan perlindungan kesehatan kepada masyarakat yang dituangkan dalam program JKN-KIS, dan secara nasional jumlah penduduk Indonesia yang sudah dijamin akses layanan kesehatan melalui JKN-KIS sebanyak 252,1 juta jiwa atau lebih dari 90 persen total penduduk di tanah air.

 

"Saya juga berterima kasih kepada seluruh kepala daerah di provinsi ini beserta jajarannya atas upaya dan komitmennya dalam mendorong serta memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakatnya, sehingga membawa Sulteng mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan," ujarnya.

 

Ia memaparkan, terhitung sejak 1 Maret 2023, sebanyak 3.042.041 jiwa penduduk Sulteng telah terdaftar sebagai peserta program JKN dari total jumlah penduduk 3.074.958 jiwa atau sekitar 98.93 persen.

 

Dari jumlah itu, hampir seluruh masyarakat di provinsi ini telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

 

Olehnya dengan prestasi ini, ia meminta pemerintah kabupaten/kota lebih mengoptimalkan pelayanan di semua fasilitas kesehatan, sehingga prestasi ini tidak hanya sekedar tercatat di atas kertas, tetapi implementasinya harus terbukti.

 

"Ke depan kami terus memastikan seluruh masyarakat Sulteng tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN-KIS,” ucapnya.

 

Penghargaan predikat UHC diserahkan Wakil Presiden RI, Ma'aruf Amin didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK), Muhadjir Effendy.