Civitas akademik UIN Palu gotong-royong bangun masjid di Sigi

id UIN Palu,UIN Datokarama,Kampus Ii UIN Datokarama,Sagaf Pettalongi,Masjid Kampus UIN Palu

Civitas akademik UIN Palu gotong-royong bangun masjid di Sigi

Rektor UIN Datokarama Palu Profesor Sagaf S Pettalongi meletakan batu pertama pembangunan masjid di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Jumat (14/4/2023) (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Civitas akademik Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, bergotong royong untuk membangun masjid permanen di Desa Kabupaten Sigi.

"Pembangunan masjid ini dilakukan secara swadaya oleh civitas akademik UIN Datokarama," ucap Rektor UIN Datokarama Palu, Prof Sagaf S Pettalongi di Sigi, Jumat.

Masjid yang dibangun berukuran panjang 20 meter dan lebar 20 meter, terletak di lokasi Kampus II UIN Datokarama, di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru.

Pembangunan masjid tersebut telah dimulai, ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan yang dilaksanakan oleh Rektor Prof Sagaf Pettalongi.

Pembangunan masjid tersebut direncanakan selesai pada awal tahun 2024, sehingga Ramadhan 1445 Hijriah Tahun 2024 dapat digunakan oleh civitas akademik dan masyarakat.

"Tidak ada anggaran pembangunan masjid dalam DIPA UIN Datokarama tahun anggaran 2023, oleh karena itu civitas akademik UIN Datokarama gotong royong melakukan pembangunan masjid ini," ujarnya.

Prof Sagaf mengemukakan pembangunan masjid tersebut merupakan satu inisiatif bersama untuk menunjang sarana akademik di Kampus II UIN Datokarama.

Selain itu, pembangunan masjid tersebut juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar kampus atas aksesbilitas rumah ibadah yang representatif.

"Masjid ini menjadi representatif dari wujud dan komitmen UIN Datokarama dalam pembinaan masyarakat," ujarnya.

Sagaf mengatakan bahwa UIN Palu ke depan akan mengembangkan fungsi masjid tersebut pada aspek pendidikan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Pada aspek pendidikan, masjid tersebut dapat difungsikan sebagai tempat diskusi, musyawarah, lokakarya, pelatihan baca dan tulis Alquran.

"Sehingga anak - anak dari masyarakat sekitar kampus dapat belajar tentang keagamaan dan keislaman serta baca dan tulis Allquran di masjid ini nantinya," ungkapnya.

Sementara aspek pemberdayaan ekonomi, pelataran atau halaman masjid tersebut akan disiapkan tempat jualan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta swalayan.

"Hal ini untuk menopang percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.
Rektor UIN Datokarama Palu Profesor Sagaf S Pettalongi meletakan batu pertama pembangunan masjid di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Jumat (14/4/2023) (ANTARA/Muhammad Hajiji)