Pemkot Palu canangkan revitalisasi Pasar Tavanjuka jadi pasar buah

id Pemkot Palu,Revitalisasi pasar tavanjuka ,Kota Palu,Sulteng

Pemkot Palu canangkan revitalisasi Pasar Tavanjuka jadi pasar buah

Situasi Pasar Tavanjuka yang beralamat di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tavanjuka, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Rabu (21/6/2023). (ANTARA/HO-Jolinda)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah mencanangkan revitalisasi Pasar Tavanjuka yang beralamat di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tavanjuka, Kecamatan Tatanga menjadi pasar buah untuk menumbuhkan perekonomian di daerah itu.
 
"Kami juga akan memperbaiki pasar lain, yaitu Pasar Tavanjuka yang akan dijadikan sebagai pasar buah," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palu Zulkifli di Palu, Rabu.
 
Ia mengatakan dengan adanya pasar buah tersebut, warga Kota Palu yang ingin mencari atau membeli buah, nantinya dapat berkunjung ke pasar itu.
 
Ia menuturkan, Pemkot Palu akan membangun stan atau lapak bagi para pedagang untuk berjualan buah di pasar tersebut.
 
Di Pasar Tavanjuka, kata dia, penjual dapat berjualan komoditas lain tapi sebagian besar penjual di tempat itu akan berjualan buah karena akan difokuskan sebagai pasar buah.
 
Menurut dia, pembangunan pasar tersebut akan dimulai tahun ini dan ditargetkan untuk selesai tahun 2023 juga.
 
Zulkifli menuturkan pembangunan revitalisasi Pasar Tavanjuka menjadi pasar buah merupakan bentuk upaya yang dilakukan pemerintah untuk menarik lebih banyak pembeli serta meningkatkan perekonomian di kota itu.
 
Sementara itu, Eddy, salah seorang pedagang di pasar itu berharap pemerintah dapat memberikan perhatian untuk pasar tersebut karena sepi pengunjung atau pembeli.

Dia mengatakan para pedagang lebih memilih berjualan di halaman pasar karena pembeli yang tidak masuk ke dalam pasar.
 
"Supaya diperhatikan lagi, supaya lebih rame. Sudah sebelas tahun lebih masih begini terus," katanya
 
Dia berharap pemerintah dapat mengupayakan pasar tersebut dapat ramai dikunjungi pengunjung atau pembeli.