IPA Convex 2023 bahas transisi energi dan investasi hulu migas

id INDONESIAN PETROLEUM ASSOCIATION,IPA CONVEX 2023,TRANSISI ENERGI,INVESTASI HULU MIGAS

IPA Convex 2023 bahas transisi energi dan investasi hulu migas

Vice President Indonesian Petroleum Association (IPA) Ronald Gunawan (tengah) saat jumpa pers "Road to IPA Convex 2023" di Jakarta, Kamis (20/7/2023). ANTARA/Benardy Ferdiansyah

Jakarta (ANTARA) - Vice President Indonesian Petroleum Association (IPA) Ronald Gunawan mengatakan penyelenggaraan konvensi dan pameran IPA ke-47 2023 (47th IPA Convex 2023) membahas transisi energi dan investasi hulu migas.

Mengusung tema Enabling Oil & Gas Investment and Energy Transition for Energy Security, IPA Conxex 2023 akan digelar pada 25-27 Juli 2023 di ICE, BSD City, Tangerang, Banten.

Ronald saat jumpa pers Road to IPA Convex 2023 di Jakarta, Kamis mengatakan bahwa tema IPA Convex 2023 dipilih dengan mempertimbangkan dua kondisi utama yang ada di sektor hulu migas saat ini, baik secara nasional maupun global, yaitu transisi energi dan investasi hulu migas.

"Bahwa sekarang ini kan dunia ini berjalan ke dunia transisi energi. Ini yang perlu kita sama-sama gali. Energi transisi itu bukan pindah dari poin A ke poin B tetapi itu melawati proses, dan proses itu kalau kita lihat cukup panjang," kata Ronald.

Ia mengungkapkan peran migas sangat penting dalam proses transisi energi. Dalam konteks kebutuhan energi yang masih tinggi dan cenderung meningkat karena pertumbuhan ekonomi, diyakini bahwa energi yang bersumber dari migas masih diperlukan sambil pemerintah mengembangkan energi baru dan terbarukan di Indonesia pada jumlah yang dibutuhkan.

"Karena orang mau berpindah dari fossil fuel ke green energy itu perlu energy security. Mungkin kalau teman-teman dengar energy security itu at the end itu number one, kenapa? karena kalau tanpa energy security, tidak ada transisi energi," tuturnya.

Selain itu, kata dia, sektor hulu migas menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari rencana para pemangku kepentingan di sektor energi untuk menghasilkan energi yang bersih ke depannya sehingga target net zero emission (NZE) 2060 atau lebih cepat dapat tercapai.

Adapun, usaha penurunan emisi karbon salah satunya dilakukan terutama dengan menggunakan teknologi carbon capture storage dan carbon capture utilization and storage CCS/CCUS.

Ronald menyebutkan sejumlah sesi diskusi bersama para pemangku kepentingan di sektor hulu migas akan digelar pada perhelatan IPA Convex 2023 untuk mencari solusi agar kedua target yang ditetapkan pemerintah, yaitu penurunan emisi karbon dan peningkatan produksi migas dapat tercapai.

"Pemenuhan kebutuhan energi dan upaya mengurangi emisi karbon untuk membantu mengurangi pemanasan global harus dapat berjalan bersama," ujar dia.

Selain berbagai sesi diskusi, panitia IPA Convex 2023 juga menyiapkan dokumen kajian (white paper) yang merupakan usulan dari para pelaku industri migas bagi tercapainya investasi migas yang diinginkan serta usaha penurunan emisi karbon yang secara teknis dan keekonomian dapat diterapkan di Indonesia.

Dalam kesempatan sama, Ketua Panitia Convex IPA 2023 Krishna Ismaputra mengatakan kegiatan itu direncanakan dibuka oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Ia menjelaskan ada beberapa kegiatan dalam konvensi tersebut, di antaranya CEO Industry Outlook

"Jadi, kami mengundang, harusnya ada empat CEO tetapi yang satu berhalangan. Jadi, akan hadir itu adalah CEO dari Petronas beliau datang dari KL (Kuala Lumpur), tentunya CEO Pertamina Bu Nicke (Widyawati) akan hadir kemudian ada juga CEO dari Mubadala yang akan datang dari Abu Dhabi. Mereka akan bercerita bagaimana mereka CEO perusahaan besar mereka menjalankan operasi perusahaan mereka di dalam situasi energi transisi ini," kata Krishna.

Selanjutnya, juga ada kegiatan MoU and contract signing, empat plenary sessions, empat focus discussions, dan 126 exhibitor companies.

"Ada beberapa MoU yang akan ditandatangani. Ada kontrak yang sifatnya adalah kontrak blok, jadi pemenang tender dari pemerintah, mereka akan menandatangani juga bersama pemerintah. Kemudian juga ada beberapa MoU lainnya seperti kerja sama CCS, CCUS tadi. Ada juga MoU penjualan gas dan sebagainya," ujarnya.

"Target visitor kita ada 18.000 ribu mudah-mudahan tercapai dan untuk target delegate kita adalah 1.000 yang akan hadir di event," kata Krishna menambahkan.