Pemkot Palu imbau masyarakat semarakkan HUT ke-78 RI dengan pasang bendera Merah Putih

id Hut ri, merah putih, hari kemerdekaan, proklamasi, 17 Agustus, Pemkotpalu, Sulteng, Kesbangpol palu, Ansyar Sutiadi

Pemkot Palu imbau masyarakat semarakkan HUT ke-78 RI dengan pasang bendera Merah Putih

Ilustrasi - Pedagang melayani warga yang datang untuk membeli bendera dan pernak pernik hiasan hari kemerdekaan di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (8/6/2022). ANTARA/Mohamad Hamzah

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu menginstruksikan agar warga di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu untuk menyemarakkan HUT ke-78 Republik Indonesia dengan memasang bendera Merah Putih dan umbul-umbul.
 
"Memasang bendera di depan rumah masing-masing dan tempat-tempat umum lainnya, supaya momen ini lebih berwarna dan semarak," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu Ansyar Sutiadi di Palu, Selasa.
 
Ia mengemukakan perlu peran elemen masyarakat, pelaku usaha dan pemangku kepentingan lainnya ikut berpartisipasi memeriahkan hari kemerdekaan bangsa dengan secara sukarela memasang bendera Merah Putih sebagai simbol.
 
 
Upaya ini dilakukan sebagai bentuk kecintaan masyarakat sebagai warga negara yang baik, sekaligus menghargai perjuangan para pahlawan yang memerdekakan bangsa ini.
 
"Sebagai warga negara kita harus menunjukkan kecintaan terhadap negara ini. Memasang bendera negara adalah salah satu bentuk kita menghargai para pendahulu memerdekakan negara ini," tutur Ansyar.
 
Ia menjelaskan Pemkot Palu juga ikut ambil bagian dalam menggerakkan semangat nasionalisme dengan gerakan 10 juta bendera Merah Putih pada momen hari bersejarah bangsa.
 
"Kami sedang mempersiapkan untuk pencanangan gerakan ini. Kami belum menghitung estimasi berapa jumlah bendera yang akan di bagikan kepada masyarakat," kata dia.
 
Gerakan semangat nasionalisme dituangkan dalam Surat Edaran Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) Nomor B-532/M/S/TU.00.04/06/2023 tanggal 13 Juni 2023, disebutkan bahwa masyarakat diminta menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI dengan dekorasi, umbul-umbul, hingga pemasangan bendera Merah Putih.

Guna menyukseskan gerakan 10 juta bendera di daerah, ia meminta masyarakat ekonomi dan swasta ikut terlibat.
 
"Bendera Merah Putih dibagikan untuk masyarakat kurang mampu secara ekonomi, ini sebagai bentuk gotong royong," ujarnya.
 
Ia juga meminta camat dan lurah membantu Pemkot Palu mengajak warga memasang pernak-pernik dalam menyambut dan memeriahkan hari kemerdekaan.
 
"Sudah menjadi kebiasaan dalam momen hari kemerdekaan bangsa banyak kegiatan dilakukan warga, dan kami mendukung kegiatan positif warga," kata Ansyar.