Sebanyak 56 hunian tetap disediakan bagi warga terdampak bencana di Sigi

id hunian tetap sigi,penyintas bencana sigi,bantuan hunian tetap

Sebanyak 56 hunian tetap disediakan bagi warga terdampak bencana di Sigi

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma'mun Amir secara simbolis menyerahkan hunian tetap bagi warga terdampak bencana alam kepada Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi di Kota Palu, Jumat (4/8/2023). (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyediakan 56 hunian tetap bagi warga yang terdampak bencana alam di Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma'mun Amir telah secara simbolis menyerahkan bantuan hunian tetap (huntap) satelit bagi penyintas bencana di Desa Poi pada Jumat (4/8).

"Ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat, dan digunakan sebaik mungkin, dan jangan diperjualbelikan," katanya di Palu, Minggu.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mengucurkan dana total Rp8,1 miliar untuk pembangunan 56 hunian tetap beserta sarana dan prasarana pendukungnya bagi penyintas bencana yang kehilangan tempat tinggal di Desa Poi.

Pembangunan hunian telah diselesaikan dan Dinas Permukiman, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Tengah sudah menyerahkan aset berupa rumah dan sarana-prasarana pendukungnya kepada Pemerintah Kabupaten Sigi.

Hunian tetap bagi warga yang terdampak bencana alam tahun 2018 di Desa Poi dibangun di lahan milik warga penerima manfaat.

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi mengemukakan bahwa warga yang kehilangan tempat tinggal akibat gempa besar dan likuefaksi tahun 2018 dan banjir bandang masih banyak yang membutuhkan bantuan hunian tetap.

"Utamanya yaitu mereka yang tinggal di hunian sementara," kata dia.

Bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, ia melanjutkan, meringankan beban warga terdampak bencana alam yang membutuhkan tempat tinggal.