Bangkep gencarkan pembinaan keterampilan warga berusaha

id pembukaan usaha baru,lapangan kerja baru,pemkab bangkep,pelatihan keterampilan warga,bupati bangkep,ihsan basir,Pemkab B

Bangkep gencarkan pembinaan keterampilan warga berusaha

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Bangkep)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Pemkab Bangkep), Sulawesi Tengah, menggencarkan pembinaan keterampilan masyarakat untuk membangun usaha, demi menopang ekonomi dan kesejahteraan warga.

"Pembinaan keterampilan menjadi satu upaya membuka lapangan kerja baru, agar masyarakat dapat berusaha," kata Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir, dihubungi dari Kota Palu, Selasa.

Ihsan Basir mengemukakan, pelatihan peningkatan keterampilan warga untuk membuka lapangan kerja baru, menjadi prioritas demi percepatan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan data Pemkab Bangkep, 102 warga yang dibina keterampilannya secara berkelanjutan. Pembinaan keterampilan 102 warga tersebut meliputi pelatihan perbengkelan otomotif berbasis masyarakat, pelatihan perbengkelan otomotif roda dua berbasis kompetensi, pelatihan menjahit, pelatihan junior make up artis, pelatihan komputer operator, pelatihan menjahit pakaian menggunakan mesin, dan pelatihan pemagangan dalam negeri jurusan perbengkelan otomotif.

Bupati mengemukakan, dalam upaya meningkatkan keterampilan warga, Pemkab Bangkep bekerja sama dengan Pemprov Sulteng juga bekerja sama dengan BLKPP Palu serta BBPVP Makassar.

"Ada sebahagian kegiatan yang saat ini sedang berlangsung di antaranya yaitu pelatihan pemagangan dalam negeri jurusan perbengkelan otomotif, yang dilaksanakan di BLKPP Palu," ujarnya.

Bupati mengatakan, dalam upaya pembukaan lapangan kerja baru, selain dilakukan dengan pelatihan peningkatan keterampilan, masyarakat juga diberikan bantuan peralatan.

"Jadi, mereka setelah mengikuti pelatihan, akan diberikan bantuan dan dibina secara berkelanjutan dalam pengembangan usaha," ungkapnya.
Ia berharap masyarakat yang menjadi penerima manfaat dari program tersebut, mengikuti pelatihan dengan baik untuk kebaikan masyarakat itu sendiri.