Pemkot Palu naikkan gaji pekerja program padat karya jadi Rp1 juta

id Pemkot palu,Wali kota palu,Padat karya,Gaji ,Kota Palu

Pemkot Palu naikkan gaji pekerja program padat karya jadi Rp1 juta

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid. (ANTARA/Moh Ridwan)

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah mengumumkan menaikkan gaji pekerja dalam program padat karya menjadi Rp1 juta per bulan yang akan berlaku mulai Januari 2024.


 


"Sebagai penghargaan kepada keluarga besar padat karya, maka Pemerintah Kota Palu telah sepakat mulai Januari tahun depan gaji peserta program padat karya naik menjadi Rp1 juta," kata Wali Kota Palu Hadianto Rasyid saat menyampaikan arahan kepada anggota padat karya se-Kota Palu di Kantor Wali Kota Palu, Kamis.


 


Ia menyampaikan bahwa peserta padat karya telah bekerja dengan baik dan tertib dalam menata dan meningkatkan kebersihan lingkungan di kota itu sehingga kayak mendapatkan kenaikan gaji.


 


Sebelumnya peserta padat karya di ibu kota Sulteng tersebut mendapatkan gaji Rp500 ribu per bulan.


 


"Perubahan gaji merupakan apresiasi atas kerja keras seluruh padat karya selama ini," katanya.


 


Menurut dia, padat karya telah melaksanakan pekerjaan dengan baik sehingga Pemerintah Kota Palu mendapatkan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Selasa, (29/8).


 


Ia berharap perubahan gaji tersebut dapat membantu perekonomian dari anggota padat karya, dan mengharapkan agar pencapaian yang telah diraih dapat dipertahankan hingga tahun berikutnya.


 


Adapun pekerja program padat karya secara teknis telah ditentukan lokasi-lokasi sasaran mereka yang dikoordinir oleh Pemerintah Kelurahan dengan penempatan empat dan maksimal enam orang pekerja membersihkan lingkungan per 200 meter.


 


Tercatat, kurang lebih 3.500 orang diberdayakan Pemkot Palu dalam program padat karya.


 


"Oleh karena itu, saya minta agar padat karya juga dapat membantu menyosialisasikan ke setiap rumah tentang pengelolaan sampah," katanya.


 


Terakhir dia menambahkan agar padat karya tetap menjaga kualitas kerja, serta semangat untuk Kota Palu yang lebih bersih dan indah.