UIN Datokarama Palu wisuda 698 mahasiswa pada tiga jenjang

id UIN Datokarama,Wisuda UIN Datokarama,UIN Palu,Profesor Sagaf Pettalongi,Mahasiswa UIN

UIN Datokarama Palu wisuda 698 mahasiswa pada tiga jenjang

Rektor UIN Datokarama Profesor Sagaf S Pettalongi memindahkan tali toga peserta wisudawati dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda S1, S2 dan S3, di Palu, Senin (20/3/2023) (ANTARA/HO-Kiswanto)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, akan mewisuda 698 mahasiswa pada tiga jenjang, yakni strata satu (S1), strata dua (S2) dan strata tiga (S3), dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi.

"Harapan kami, para lulusan bisa berkarya di wilayah profesional yang mereka minati," kata Rektor UIN Datokarama Palu, Profesor Sagaf S Pettalongi, dihubungi dari Palu, Rabu, terkait persiapan pelaksanaan wisuda.

UIN Datokarama dalam setahun melaksanakan wisuda sebanyak dua kali, yaitu di awal tahun dan mendekati akhir tahun.

UIN Datokarama merencanakan pelaksanaan wisuda untuk 698 mahasiswa tersebut, dilaksanakan pada Kamis 7 September 2023, berlangsung di Kampus I UIN Datokarama di Kota Palu.

Sebanyak 698 mahasiswa yang akan diwisuda tersebut terdiri dari 647 mahasiswa jenjang (S1) jebolan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD).

Kemudian, untuk Pascasarjana meliputi program magister sebanyaj 42 orang dan program doktor sembilan orang.

Rektor UIN Datokarama Profesor Sagaf Pettalongi mengatakan bahwa UIN sangat berharap kepada para wisudawan dan wisudawati agar nantinya dapat berkarya dengan profesional di wilayah masing - masing.

Namun, Rektor mengingatkan, sebagai lulusan universitas di mana nilai-nilai Islam diinternalisasikan di dalamnya, maka UIN berharap para lulusan bisa berkarya di atas landasan spirit dan etik Islam.

"Sebab itu, kami berharap para sarjana UIN Datokarama Palu menjadi profesional Islami sekaligus sarjana Muslim yang profesional. Siap berkarya di berbagai bidang profesi, keilmuan dan keahlian, tanpa harus tercerabut akar identitas moralnya sebagai seorang Muslim," kata Guru Besar sekaligus Pakar Manajemen Pendidikan UIN Datokarama tersebut.

"Atas nama seluruh sivitas akademika UIN Datokarama Palu, saya mengucapkan selamat kepada para wisudawan program sarjana, magister, dan doktor atas keberhasilan menyelesaikan studi di UIN Datokarama Palu. Kepada para orang tua, orang tua asuh, penyedia beasiswa, dan keluarga wisudawan, saya turut bersyukur, berbahagia dan sekali lagi mengucapkan selamat atas keberhasilan mereka," ucap Rektor.

Rektor juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan UIN Datokarama Palu atas totalitas dan komitmen dalam melaksanakan tugas mendidik dan melayani mahasiswa hingga mereka berhasil menyelesaikan studinya.