Bangkep-Morowali kerja sama optimalisasi pengendalian inflasi daerah

id Pemkab Bangkep,Bupati Bangkep,Ihsan Basir,Pengendalian Inflasi,Kerja sama morowali

Bangkep-Morowali kerja sama optimalisasi pengendalian inflasi daerah

Bupati Bangkep Ihsan Basir dengan jajarannya foto bersama Bupati Morowali Taslim dan jajarannya, sambil memperlihatkan MoU yang ditandatangani dua belah pihak, di Morowali, Kamis (14/9/2023). (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Pemkab Bangkep), kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Morowali untuk mengoptimalkan pengendalian inflasi daerah.



"Kerja sama ini merupakan satu upaya strategis dalam mengendalikan inflasi daerah," kata Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir dihubungi dari Palu, Kamis.



Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Bupati Bangkep Ihsan Basir dengan Bupati Morowali Taslim, berlangsung di Morowali hari ini.



Ihsan Basir mengemukakan kerja sama dengan Pemda Morowali, menjadi satu hal strategis dan penting dalam rangka menjaga pemenuhan ketersediaan logistik, memperlancar distribusi, serta menjaga stabilitas harga pangan.



Dia menerangkan, kegiatan pengendalian inflasi membutuhkan sinergi multi pihak, yang ditindak lanjuti dalam berbagai kegiatan. 



Misalnya, sebut dia, terkait pemenuhan kebutuhan pangan untuk wilayah Morowali, maka Pemkab Bangkep akan menyiapkan kapal untuk mendistribusikan hasil tangkap nelayan berupa hasil perikanan dan kelautan ke wilayah Morowali.



Sehingga nelayan juga mendapat manfaat dari kerja sama ini. Dengan demikian, ujar dia, hasil perikanan dan kelautan yang dihasilkan oleh nelayan, langsung terdistribusi ke pasar.



"Kerja sama mengedepankan asas manfaat atau simbiosis mutualisme, sehingga tidak ada yang dirugikan dalam kerja sama ini," ungkapnya.



"Saya berharap dengan adanya kerja sama antara kedua belah pihak juga bisa saling mendukung dalam pengoptimalan penyelenggaraan pemerintah daerah dalam mewujudkan kemakmuran dan kemajuan bangsa,” kata Ihsan Basir.



Sementara itu, Bupati Morowali Taslim menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Bangkep yang telah bersedia bekerjasama dalam mengendalikan harga pangan.



“Alhamdulillah Banggai Kepulauan mau bekerjasama dengan Morowali,” kata Taslim.



Taslim juga mengatakan bahwa Kabupaten Banggai Kepulauan merupakan peluang yang baik dalam investasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.



"Mari kita bangun kolaborasi, komunikasi dan keterbukaan dalam wujud kepedulian untuk kepentingan masyarakat kita,” ujarnya.



 




Bupati Bangkep Ihsan Basir dengan jajarannya foto bersama Bupati Morowali Taslim dan jajarannya, di sela - sela penandatanganan MoU pengendalian inflasi, di Morowali, Kamis (14/9/2023). (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)