Pangdam Merdeka harap latihan posko tingkatkan kemampuan TNI hadapi bencana

id Pangdam XIII Merdeka ,Latihan posko,Morowali ,Penanggulangan bencana,Sulawesi Tengah

Pangdam Merdeka harap latihan posko tingkatkan kemampuan TNI hadapi bencana

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko menutup pelaksanaan Latihan Posko I di Makodim 1311/Morowali, Kabupaten Morowali, Ahad (22/10/2023). (ANTARA/HO-Penrem 132/Tadulako)

Morowali, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko mengharapkan latihan posko I Kodim 1311/Morowali dapat meningkatkan kemampuan prajurit TNI dalam menghadapi atau menanggulangi bencana alam di daerah setempat.
 


"Setelah mengikuti latihan posko I ini, saya berharap pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh selama pelaksanaan giat ini dapat diaplikasikan atau dijadikan acuan dalam menghadapi tugas ke depan," kata Jatmiko saat menutup latihan posko I Kodim 1311/Morowali di Kabupaten Morowali, Ahad.

 

Ia mengatakan bahwa latihan posko I yang bertema “Kodim 1311/Morowali melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam wilayah” adalah salah satu upaya komando untuk meningkatkan kemampuan personel Kodim 1311/ Morowali dalam menghadapi kontijensi tujuh kejadian bencana alam yang mungkin terjadi di wilayah kerjanya.

 

Menurut dia, latihan posko ini sangat penting dilaksanakan oleh satuan kewilayahan sebagai upaya untuk mengasah kemampuan komandan dan staf dalam komando.

 

"Latihan ini untuk mengasah kemampuan pengendalian, perencanaan, persiapan, maupun pengambilan keputusan dalam menentukan pola penanggulangan bencana alam," ujarnya.

 

Ia juga mengatakan untuk saling bersinergi dengan pemangku kepentingan terkait dapat di wilayah itu dalam melaksanakan tugas ke depannya.

 

Pangdam berharap melalui latihan posko yang telah dilaksanakan, personel Kodim 1311/Morowali semakin meningkatkan kesiapsiagaan dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas -tugas.

 

Dalam kesempatan itu, Pangdam juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Komandan Korem (Danrem) 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto dan Prajurit Kodim 1311/Morowali yang telah bersungguh-sungguh serta bertanggung jawab melaksanakan tugas latihan ini dengan baik.