Mahasiswa STAH-DS kunjungi ANTARA Biro Sulteng guna mengasah pengetahuan jurnalistik

id Kota Palu,STAH-DS,ANTARA Biro Sulteng

Mahasiswa STAH-DS kunjungi ANTARA Biro Sulteng guna mengasah pengetahuan jurnalistik

Mahasiswa STAH-DS kota Palu yang berkunjung ke LKBN ANTARA Biro Sulteng ada 7 orang pada Pukul 15.00-17.00. Dalam kurun waktu 2 jam mereka benar-benar mengulik pengetahuan dan wawasan yang diberikan oleh Muhammad Hajiji selaku wartawan di LKBN ANTARA Biro Sulteng. ANTARA/ Joshua Magang

Palu, Sulteng (ANTARA) - Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Sentana (STAH-DS) Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), melakukan silaturahmi ke Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Sulteng dalam rangka mengasah pengetahuan dan wawasan mereka dalam dunia Jurnalistik pada hari Jumat, 17 November 2023.


Mahasiswa yang berkunjung ke LKBN ANTARA Biro Sulteng ada tujuh orang pada Pukul 15.00-17.00. Dalam kurun waktu 2 jam mereka benar-benar mengulik pengetahuan dan wawasan yang diberikan oleh Bapak Muhammad Hajiji selaku wartawan di LKBN ANTARA Biro Sulteng.


"Alasan kami memilih LKBN ANTARA sebagai tempat kami memperdalam pengetahuan dan wawasan dalam dunia Jurnalistik karena kami menilai bahwa LKBN ANTARA berstandar nasional jadi pasti kami bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas, karena ini juga berhubungan dengan salah satu mata kuliah (MK) kami di semester 5 dengan MK bernama Jurnalistik dan juga pastinya pengetahuan yang kami dapat sangat berguna bagi masa depan kami," kata Ayu salah seorang mahasiswa yang ikut berkunjung ke LKBN ANTARA Biro Sulteng.
 
Mahasiswa STAH-DS Kota Palu bersama Kepala Biro ANTARA Biro Sulteng Bapak Andilala (baju kemeja Biru) dan Muhammad Hajiji bersama Nur Amalia (Coklat Hijab) selaku wartawan di LKBN ANTARA Biro Sulteng (baju Putih). ANTARA/ Joshua Magang


"Pengetahuan baru yang kami dapatkan yang pertama tentang penulisan, langkah-langkah menulis berita yang sudah pasti harus berisikan What, Who, When, Why, Where, dan How (5W+1H). Dan yang kedua tentang langkah bagaimana bisa mendapatkan informasi dari narasumber, dan juga kami dijelaskan mengenai kode etik seorang Jurnalistik" Jelasnya.


"Selesai diberikan materi kami juga langsung ditantangan untuk mencoba menulis berita, namun dengan ilmu dan pengetahuan baru yang kami dapatkan kami merasa sudah tidak terlalu sulit untuk menulis berita hanya saja masih perlu banyak pengalaman lagi." katanya.


"Kami tidak hanya sekedar memberikan ilmu dan wawasan kepada mahasiswa, tetapi kami juga mengenalkan apa itu LKBN Antara dan struktur cara kerja di LKBN Antara Biro Sulteng," kata Muhammad Hajiji selaku wartawan LKBN Antara Biro Sulteng.


Menurut dia, pihaknya juga memberikan materi kepada mereka (mahasiswa) bagaimana cara membuat judul dan paragraf awal dalam berita. "Sekitar 1 jam diberikan materi lalu kami mencoba mereka untuk mempraktekkan apa yang mereka dapat dari materi yang diberikan itu seperti menulis berita, dan setelah dilihat hasil penulisan mereka ada sebagian yang sudah mulai bagus dan ada juga yang harus lebih memperdalam lagi," ucapnya.

LKBN Antara Biro Sulteng juga siap membantu mahasiswa STAH-DS dalam mengembangkan pengetahuan dan wawasan pada bidang Jurnalistik.