Pemkab Bangkep dan KPU gencarkan pendidikan bagi pemilih

id Pemkab Bangkep,KPU Bangkep,Pemilu 2024,Pilkada 2024,Bupati Bangkep,Ihsan Basir

Pemkab Bangkep dan KPU gencarkan pendidikan bagi pemilih

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir. ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep.

Banggai Kepulauan, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Pemkab Bangkep) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggencarkan sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk mengenalkan pemilu dan pemilihan kepala daerah kepada masyarakat.

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir, di Salakan, Jumat, mengemukakan pendidikan pemilih sangat penting dilakukan untuk membangun pemahaman masyarakat tentang demokrasi dan pentingnya pemilu.

"Sehingga diharapkan dapat berdampak pada peningkatan pemahaman masyarakat dalam upaya membangun pemilih cerdas," ucap Ihsan Basir.

KPU Kabupaten Banggai Kepulauan melibatkan Pemkab Bangkep untuk bersama-sama meluncurkan program sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk pemilu dan pilkada serentak tahun 2024.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dasar tentang pentingnya demokrasi dan pengetahuan kepemiluan, menyebarluaskan informasi tahapan, program dan jadwal dalam Pemilu dan Pilkada," sebutnya.

Program sosialisasi dan pendidikan pemilih, menurut dia, juga untuk menjadi dasar KPU, PPK dan PPS se-Kabupaten Banggai Kepulauan serta organisasi mitra kerja sama KPU Bangkep, dalam melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih dengan pendekatan kearifan lokal.

Hal ini agar pelaksanaan sosialisasi, pendidikan politik untuk meningkatkan partisipasi pemilih dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat se-Kabupaten Banggai Kepulauan.

“Untuk itu, diperlukan dukungan semua pihak untuk sama-sama membenahi demokrasi lokal kita dari paparan patologi demokrasi,” ujarnya.
 
KPU Banggai Kepulauan bersama Pemkab Bangkep menyelenggarakan sosialisasi dan pendidikan pemilih, di Salakan, Jumat (8/12/2023). ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep.