UIN Datokarama dan Pemkab Banggai optimalkan implementasi tri dharma PT

id Uin datokarama,Uin palu,Pemkab banggai,Bupati banggai,Amirudin tamoreka,Faisal Attamimi

UIN Datokarama dan Pemkab Banggai optimalkan implementasi tri dharma PT

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UIN Datokarama Doktor Kiai Haji Faisal Attamimi (ANTARA/HO-Kiswanto)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah untuk mengoptimalkan implementasi tri dharma perguruan tinggi (PT).

"Sinergi ini dalam rangka mengoptimalkan peran dan kontribusi UIN Datokarama terhadap pengembangan daerah," kata Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UIN Datokarama Dr KH Faisal Attamimi di Kota Palu, Senin.

UIN Datokarama yang dipimpin oleh Rektor Prof KH Lukman S Thahir yang didampingi Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Dr KH Faisal Attamimi dan Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) Dr KH Sahran Raden, bertemu dengan Bupati Banggai Amirudin Tamoreka di rumah dinas bupati di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai.

Pertemuan tersebut membahas optimalisasi implementasi tri dharma perguruan tinggi, yang berdampak terhadap upaya menopang percepatan pengembangan Kabupaten Banggai.

Faisal menerangkan pada aspek penelitian, UIN Datokarama akan melakukan riset yang berkaitan dengan tantangan yang dihadapi oleh Pemkab Banggai dalam upaya percepatan pembangunan.

Sementara untuk aspek pendidikan dan pengajaran, UIN Datokarama akan membuka akses seluas - luasnya untuk generasi muda dan ASN Kabupaten Banggai menimba ilmu jenjang strata satu, dua (magister) dan tiga (doktor).

Pada aspek pengabdian masyarakat, UIN Datokarama menopang Pemkab Banggai melakukan pengembangan kompetensi masyarakat berbasis pemberdayaan dengan pendekatan pendidikan, termasuk menurunkan mahasiswa di Banggai untuk melakukan kegiatan KKN Tematik," ujar Faisal.

Dalam pertemuan itu, kata Faisal, UIN mengundang Bupati Banggai Amirudin Tamoreka untuk memotivasi mahasiswa.

"Beliau selain bupati, juga seorang pengusaha sukses. Kami ingin beliau menularkan ilmu, pengalaman dan pengetahuan kepada mahasiswa agar mereka memiliki potensi dan pengetahuan dan membangun usaha," ujarnya.

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka menyambut baik UIN Datokarama yang bersedia bersinergi untuk percepatan pengembangan Kabupaten Banggai.