Penerbangan Palu-Poso tingkatkan kunjungan wisatawan

id Pemkab Poso,Wisata Poso,Bandara Poso,Bupati Poso,Kunjungan wisatawan k Poso

Penerbangan Palu-Poso tingkatkan kunjungan wisatawan

Penerbangan perdana pesawat Susi Air di Bandara Kasiguncu, Kabupaten Poso. (Dok Prokopim Setda Pemkab Poso)

Poso, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menyatakan pembukaan rute penerbangan dari Palu ke Poso dan sebaliknya dapat mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke kabupaten tersebut.

Bupati Poso Verna Inkiriwang, di Poso, Rabu, mengemukakan upaya meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Poso, perlu didukung dengan ketersediaan akses transportasi udara ke Bandara Kasiguncu di Poso.

"Pentingnya armada udara bisa masuk ke Poso untuk mendukung peningkatan kunjungan ke Kabupaten Poso," kata Verna.

Bandara Kasiguncu di Kabupaten Poso kembali beroperasi melayani penerbangan komersil pesawat Susi Air yang melayani rute Palu - Poso dan Poso ke Palu.

Bupati mengemukakan, Poso daerah yang banyak memiliki keindahan alam salah satunya Danau Poso di Tentena dan potensi wisata megalit.

Kementerian Pariwisata mencatat Kabupaten Poso mampu menopang pencapaian target pergerakan 1,2 miliar sampai dengan 1,4 miliar wisatawan Nusantara dan 6 sampai 8,7 juta kunjungan wisatawan mancanegara di 2023.

Dengan potensi tersebut, kata Bupati, Pemkab Poso rutin melaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan wisata, kuliner, budaya, yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

"Berbagai kegiatan regional dan nasional juga sering digelar di Kabupaten Poso untuk mendukung kemajuan kepariwisataan Poso," ujarnya.

Kata Bupati, kegiatan Festival Danau Poso sebagai salah satu kegiatan tahunan, sudah masuk dalam Kharisma Even Nusantara (KEN), sebagai salah satu kegiatan nasional.

"Keindahan dan keunikan patung megalitik yang sudah mendapat pengakuan dunia sebagai negeri seribu megalit, serta potensi alam wisata Poso yang luar biasa menjadi magnet tersendiri yang dapat memajukan industri pariwisata di Poso," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, pentingnya armada udara bisa masuk ke Poso untuk mendukung peningkatan kunjungan ke Kabupaten Poso yang banyak menyimpan potensi pariwisata.

"Keberadaan armada udara yang memudahkan jarak dan waktu tempuh menuju ke Poso, tentu menjadi alasan lain para wisatawan akan ramai mengunjungi Kabupaten Poso," ujarnya.