Kanwil Kemenkumham Sulteng perkuat sinergi tingkatkan pengawasan orang asing

id Kemenkumham Sulteng ,Perkuat sinergisitas,Pengawasan orang asing,Binda Sulteng,Kesbangpol ,Sulteng

Kanwil Kemenkumham Sulteng perkuat sinergi tingkatkan pengawasan orang asing

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar (kiri) dan Kabinda Sulteng Brigjen TNI Arman (kanan) membahas terkait pengawasan orang asing di Sulteng, Jumat (12/1/2024). (ANTARA/HO-Humas Kemenkumham Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) terus berupaya memperkuat sinergi untuk meningkatkan pengawasan terhadap orang asing melalui beberapa kunjungan silaturahmi.
 
Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar di Palu, Minggu mengatakan pihaknya bersilaturahmi ke mitra kerja strategis, diantaranya Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Sulteng dan Badan Kesatuan Badan dan Politik (Kesbangpol) provinsi setempat guna memperkuat sinergisitas kerja yang selama ini telah berjalan baik.
 
"Kunjungan tersebut sebagai sebagai momentum untuk menguatkan sinergisitas dalam meningkatkan pengawasan orang asing dan keimigrasian," katanya.
 
Ia mengatakan kunjungan itu merupakan ajang untuk menjalin tali silaturahmi serta menguatkan sinergisitas dalam upaya menguatkan pelaksanaan tugas bersama.
 
Dalam kunjungannya terhadap Kepala Kesbangpol, pihaknya menyampaikan bahwa peran penting stakeholder dan sinergi sangat dibutuhkan dalam menjaga keimigrasian.
 
"Salah satunya adalah pengawasan orang asing di Sulawesi Tengah dan juga pengawasan terhadap berbagai pelanggaran imigrasi lainnya," katanya.
 
Hal senada juga disampaikan terhadap Kepala Binda Sulteng, Siregar menyampaikan bahwa kedua institusi yakni Kanwil Kemenkumham dan Binda Sulteng adalah satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan dalam memastikan penegakan hukum berjalan baik, salah satunya pengawasan terhadap orang asing.
 
Ia menyampaikan kunjungan tersebut merupakan wujud komitmen Kemenkumham Sulteng untuk terus meningkatkan pengawasan orang asing dan keimigrasian di wilayah itu.

"Kami berharap adanya kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder, upaya tersebut dapat berjalan lebih efektif," katanya.
 
Kepala Kesbangpol Sulteng Arfan menyampaikan pihaknya siap bersinergi dengan Kemenkumham Sulteng dalam menjaga keamanan keimigrasian melalui berbagai kegiatan, salah satunya tim PORA yang akan dilaksanakan dengan berbagai Instansi ke depannya.
 
"Kesbangpol juga memiliki data terkait keberadaan orang asing di Sulawesi Tengah," kata dia.
 
Senada dengan hal tersebut, Kepala Binda (Kabinda) Sulteng Brigjen TNI Arman juga menegaskan pihaknya akan memastikan sinergisitas dan kolaborasi dalam peningkatan pengawasan orang asing akan lebih baik lagi.
 
"Pastinya hubungan baik ini akan kami implementasikan dengan semakin baiknya sinergisitas dan kolaborasi terhadap pelaksanaan tugas pengawasan orang asing," ujarnya.