Kodim 1206/Putussibau siagakan 300 prajurit untuk pengamanan Pemilu

id Kalbar,Kapuas Hulu,pengamanan pemilu,putussibau

Kodim 1206/Putussibau siagakan 300 prajurit untuk pengamanan Pemilu

Apel gelar kesiapan pengamanan Pemilu 2024, di Kodim Putussibau, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, yang dilaksanakan serentak secara virtual oleh Korem 121/ABW ANTARA/HO-Penerangan Kodim 1206/Putussibau

Kapuas Hulu (ANTARA) - Komando Distrik Militer 1206/Putussibau telah menyiagakan sebanyak 300 personil untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu serentak 14 Februari 2024, di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

"Kami pastikan seluruh personil yang yang terlibat pengamanan pemilu siap melaksanakan tugas pengamanan dengan meningkatkan sinergisitas dengan semua pihak," kata Komandan Kodim 1206 Putussibau, Letnan Kolonel Infantri Nasli, di Putussibau, Kapuas Hulu, Jumat.

Ia bilang, untuk memastikan kesiapan pengamanan pemilu tersebut pihaknya telah melaksanakan apel gelar kesiapan pengamanan pemilu yang melibatkan semua pihak terkait TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja termasuk pihak penyelenggara Pemilu di Kapuas Hulu.

Menurut dia, sampai saat ini situasi keamanan wilayah Kapuas Hulu masih kondusif.

Meskipun demikian, persiapan pengamanan terus di mantapkan termasuk kesiapan sejumlah perlengkapan dalam mendukung tugas pengamanan. "Pemetaan kerawanan juga sudah kami lakukan termasuk antisipasi upaya pencegahan dengan harapan pelaksanaan pemilu berjalan aman dan lancar," katanya.

Ia menuturkan Kodim 1206/Putussibau juga menyiapkan seluruh 18 Koramil yang tersebar di 23 kecamatan untuk memastikan keamanan di wilayahnya masing-masing.

Ditempat terpisah, Kepala Seksi Teritorial Kepala Staf Korem 121/ABW, Kolonel Infantri Mordechai Triyandono, mengingatkan agar seluruh jajaran Korem 121/ABW untuk selalu siap-siaga dalam mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang berpotensi mengganggu keamanan selama pemilu.

"Situasi apa pun harus dihadapi dalam persiapan secara maksimal dalam memastikan kelancaran dan keamanan proses demokrasi," katanya saat memimpin Apel gelar kesiapan pengamanan Pemilu yang dilaksanakan secara virtual.

Selain itu, dia juga mengingatkan agar seluruh prajurit TNI untuk tetap menjunjung tinggi netralitas dan loyalitas terhadap institusi TNI dan pemerintah. "Tugas utama TNI adalah melindungi keutuhan NKRI dan juga keselamatan rakyat," katanya.
 

Apel gelar kesiapan pengamanan Pemilu 2024, di Kodim Putussibau, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, yang dilaksanakan serentak secara virtual oleh Korem 121/Abw. ANTARA/HO-Penerangan Kodim 1206/Putusibau. ANTARA/Teofilusianto Timotius