Bintang Puspayoga berpesan pada pemilih pemula jangan golput pada Pemilu 2024

id Bintang Puspayoga,pemilih pemula,Pemilu,Pemilu 2024,KemenPPPA

Bintang Puspayoga berpesan pada pemilih pemula jangan golput pada Pemilu 2024

Paparan yang disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga dalam talkshow daring bertajuk "Anak Muda Pemilih Cerdas", di Jakarta, Jumat (2/2). ANTARA/Anita Permata Dewi

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga berpesan kepada para pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

"Anak-anak sekalian agar menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara yang baik. Jangan kalian golput. Bunda berharap semua anak-anak Indonesia yang memiliki hak pilih harus menggunakan hak pilihnya datang ke TPS. Itu peran sebagai pelopor," kata Bintang dalam talkshow daring bertajuk "Anak Muda Pemilih Cerdas" di Jakarta, Jumat.

Bintang Puspayoga juga meminta anak-anak muda agar menjadi pelapor dengan mengawal proses pemilu agar tetap jurdil dan luber (jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia).

"Kalau kalian melihat di lingkungan kalian ada hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan yang ada, maka peran kalian sebagai pelopor ini, Bunda harapkan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Pihaknya berharap talkshow tersebut bukan sekedar wadah diskusi saja, melainkan lebih dari itu agar menjadi langkah penting dalam memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pemilih pemula mengenai peran dan tanggung jawab mereka dalam kehidupan politik di Indonesia.

"Dari Juli (2023) kami melakukan pendampingan kepada anak-anak untuk persiapan menghadapi Pemilu 2024," kata dia.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 2023 terdapat sebanyak hampir 204,8 juta pemilih. Dari jumlah tersebut, 25 juta orang adalah pemilih pemula.

"Ada 25 juta pemilih pemula. Menjadi penting untuk (memberikan) pemahaman (kepada) pemilih pemula menjadi bagian dari pesta demokrasi ini," kata Bintang Puspayoga.