KPU Kota Palu mulai distribusi logistik Pemilu ke delapan kecamatan

id KPU Kota Palu,Distribusi logistik pemilu ,Pemilu 2024,Logistik ,Sulteng ,Palu

KPU Kota Palu mulai distribusi logistik Pemilu ke delapan kecamatan

Ketua KPU Kota Palu Idrus bersama Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah dan Forkompinda secara resmi melepas distribusi logistik pemilu ke delapan kecamatan di Kota Palu, Senin (12/2/2024). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke delapan kecamatan di daerah itu.
 


"Hari ini kami menargetkan pendistribusian logistik dari gudang logistik KPU Kota Palu menuju 16 titik kelurahan yang tersebar di delapan kecamatan di daerah ini," kata Ketua KPU Kota Palu Idrus saat kegiatan pelepasan distribusi logistik pemilu di Palu, Senin.


 


Ia menjelaskan, proses pendistribusian logistik pemilu, 


terbagi menjadi dua segmen yakni distribusi logistik ke 16 kelurahan pada hari pertama, Senin (12/2) dan pada hari kedua, Selasa 13 Februari 2024 atau satu hari sebelum pemungutan suara (voting day) didistribusikan ke 30 kelurahan.


 


KPU Kota Palu, kata dia, menargetkan mendistribusikan 2.040 kotak suara ke 16 kelurahan, dan 4.288 bilik suara ke 46 kelurahan pada hari pertama pendistribusian logistik dengan menggunakan 14 armada truk.


 


"Selanjutnya, kotak suara yang menuju ke 16 kelurahan itu akan bermalam satu malam di gudang logistik setiap kelurahan dan besok baru akan serentak sampai di tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing," katanya.


 


Ia memastikan bahwa distribusi logistik dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan ke 1.072 TPS di daerah itu tidak dilakukan pada malam hari.


 


Lanjut Idrus, pergeseran logistik pemilu dari gudang KPU menuju ke kelurahan hingga TPS juga dikawal ketat oleh aparat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palu dan anggota Bawaslu setempat.


 


"Seluruh stakeholder, camat, lurah dan seluruh forum koordinasi pimpinan (Forkompimda) boleh melihat proses distribusi sampai ke kelurahan. Dan, besok serentak pada 13 Februari, semua kotak suara yang berjumlah 5.360 sampai ke TPS," ujarnya.


 


Pihaknya berharap, proses pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke semua kelurahan dan TPS nantinya dapat berjalan dengan lancar.


 


Sementara itu, Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah mengatakan pendistribusian dan pergeseran logistik akan mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian.


 


Menurut dia, logistik pemilu yang telah tiba di masing masing kelurahan nantinya akan mendapatkan pengamanan selama 24 jam penuh dari petugas kepolisian.


 


"Hal ini dilakukan sebagai upaya memastikan keamanan dan kelancaran distribusi logistik hingga ke TPS-TPS," katanya.


 


Ia mengatakan personel gabungan Polresta Palu siap mengamankan pelaksanaan Pemilu mulai dari distribusi logistik, pengamanan TPS, hingga rekapitulasi suara sampai pada 21 Februari 2024.