Pembukaan F1 Powerboat Danau Toba libatkan 245 orang pengisi hiburan

id Powerboat Danau Toba ,F1 Powerboat Danau Toba ,ITdc Powerboat Danau Toba ,Itdc Powerboat ,Troy ITDC

Pembukaan F1 Powerboat Danau Toba libatkan 245 orang pengisi hiburan

Direktur Operasi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Indonesian Tourism Development Corporation/ITDC), Troy Reza Warokka, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Kamis (29/2/2024). ANTARA/Donny Aditra

Jakarta (ANTARA) -
Seremoni pembukaan (opening ceremony) F1 Powerboat Danau Toba di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, melibatkan 245 orang pengisi hiburan, terdiri atas  70 penari nasional, 160 penari lokal, dan pertunjukan 15 patung kayu Sigale-gale, yang  akan mengawali ajang internasional tersebut, kata Direktur Operasi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Indonesian Tourism Development Corporation/ITDC), Troy Reza Warokka.
 
"Kurang lebih 245 orang akan mengisi seremoni pembukaan di lokasi," kata Troy kepada ANTARA saat melihat proses persiapan di lokasi, Kamis.
 
Lebih lanjut, dia menjelaskan, opening ceremony dilakukan pada Minggu (3/3), pukul 10.30 WIB.
 
Setelah acara pembukaan oleh para penari, kegiatan dilanjutkan dengan Jupiter Aerobatic dari TNI Angkatan Udara (AU) yang akan memanjakan mata para penonton dan masyarakat sekitar.
 
Kemudian, tambah Troy, parade perahu motor super cepat atau powerboat di lintasan yang akan dipakai juga dilakukan, untuk semakin menyemarakkan perlombaan kelas dunia itu.


 
Setelah seluruh proses tersebut, penonton baru bisa menyaksikan balapan F1 Powerboat Danau Toba pada pukul 11.15.
 
Ia menambahkan, pembukaan acara dilakukan pada hari kedua atau terakhir pelaksanaan, setelah sehari sebelumnya didahului dengan sejumlah rangkaian kegiatan seperti free practice (latihan bebas) pembalap, sprint race powerboat yang pertama 1 dan kedua, kompetisi perahu dayung Solu Bolon, dan acara hiburan dari band nasional Wali.
 
Selain itu, para penonton di dalam venue utama juga bisa berbelanja di 20 stand usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) andalan dari sekitar kawasan Danau Toba.
 
"UMKM ada sekitar 20 yang ada di dalam. Kegiatan itu sebagai penarik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar dia.
 
Troy menekankan, selain 20 UMKM yang ada di dalam venue utama, penonton atau wisatawan juga bisa menikmati ratusan produk UMKM lain di luar venue utama yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Toba atau Pemprov Sumatera Utara.
 
Pada 2-3 Maret nanti, Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba.
 
Penyelenggaraan powerboat tahun ini juga spesial, karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984 di 39 negara.