Pemkab Parigi Moutong gelontorkan Rp13 miliar anggaran pengamanan pilkada

id NPHD, pemkabparimo, Parigi Moutong, pilkada, pilbup, Kesbangpol, Aminuddin, Sulteng

Pemkab Parigi Moutong gelontorkan Rp13 miliar anggaran pengamanan pilkada

Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo (kiri) menandatangani Naskah Perjanjian Hiba Daerah (NPHD) yang sudah berikan kepada Polres dan Kodim 1306/KP untuk kegiatan pengamanan pilkada di kabupaten itu, Senin (22/4/2024). ANTARA/HO-Porkopim Parimo.

Parigi (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah menggelontorkan anggaran senilai Rp13 miliar kepada TNI/Polri untuk pengamanan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Parigi Moutong Aminuddin di Parigi, Selasa mengatakan agenda pilkada di kabupaten itu tidak hanya dilaksanakan secara teknis oleh penyelenggara (KPU), tetapi juga melibatkan aparat keamanan guna menjaga kondusivitas selama tahapan pemilihan.
 
"Anggaran Rp13 miliar diberikan ke Polres Parigi Moutong dan Kodim 1306/KP untuk digunakan kegiatan pengamanan selama proses pilkada," ujarnya.
 
Ia mengemukakan anggaran tersebut telah ditandatangani penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pada Senin (22/4) disaksikan pejabat Polres Parigi Moutong dan pejabat Kodim 1306/KP.
 
Pilkada yang dilaksanakan pada 27 November 2024 meliputi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong.
 
"Anggaran sebesar itu tentunya harus diikutkan dengan pengamanan yang lebih efektif supaya berjalan aman, damai dan tertib," ucap Aminuddin.
 
Salah satu tugas Pj Bupati Parigi Moutong yakni menyukseskan penyelenggaraan pemilu dan pilkada, selain mengurus urusan pemerintahan.
 
"Kesuksesan penyelenggaraan pemilu juga menjadi bagian dari tanggung jawab pemerintah daerah (pemda), kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat ikut menyukseskan pesta demokrasi ini," kata dia menambahkan.
 
Pada penyelenggaraan pilkada, Pemkab Parigi Moutong menggelontorkan anggaran sebesar Rp94 miliar untuk pembiayaan pesta demokrasi meliputi Rp63 miliar dihibahkan kepada KPU, Rp18 miliar Bawaslu dan Rp13 miliar untuk pengamanan.