Pemprov Sulteng tingkatkan kolaborasi jelang pilkada 2024

id Pemprov Sulteng ,Gubernur Sulteng ,Rakor kesiapan Pilkada ,Sulawesi Tengah ,Pilkada serentak ,Pilkada Sulteng

Pemprov Sulteng tingkatkan kolaborasi jelang pilkada 2024

Jajaran pemerintah daerah, dan stakeholder terkait mengikuti rakor forum forkopimda provinsi, kabupaten/kota dan forkopimcam se-Sulawesi Tengah tahun 2024 di Palu, Jumat (5/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Diperlukan kolaborasi dan sinergisitas semua stakeholder atau instansi terkait,
Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melaksanakan rapat koordinasi dalam upaya meningkatkan kolaborasi dan sinergisitas seluruh pihak menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.
 
"Untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pelaksanaan pilkada, diperlukan kolaborasi dan sinergisitas semua stakeholder atau instansi terkait," kata Gubernur Sulteng Rusdy Mastura di Palu, Jumat.
 
Ia menyampaikan hal ini pada rapat koordinasi forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) provinsi, kabupaten/kota dan forkopimcam se-Sulawesi Tengah tahun 2024.

Kegiatan ini dihadiri Wakapolda Sulteng Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko, Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto, perwakilan unsur forkopimda, pimpinan dan Anggota DPRD, para Bupati/Walikota se-Sulteng, kepala organisasi perangkat daerah, camat, instansi vertikal dan TNI/Polri.
 
Gubernur menyampaikan bahwa rakor ini merupakan momentum pertama kali Provinsi Sulawesi Tengah mengumpulkan seluruh pemimpin daerah.

Baca juga: KPU RI pastikan pilkada serentak berjalan sesuai rencana
Baca juga: Bawaslu Sulteng: Jurnalis berperan pentingsajikan informasi pilkada
 
Menurut dia, upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Sulawesi Tengah pada prosesi pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024 lalu telah berjalan lancar, aman dan kondusif.
 
Karena itu, Gubernur berharap agar kondisi kamtibmas ini dapat terus terjaga dan dipertahankan baik menjelang, atau pada saat, dan pascapilkada serentak tahun 2024.
 
Ia menekankan kolaborasi dan sinergi diperlukan sebagai upaya preventif dalam mencegah dan mendeteksi dini segala bentuk kegiatan yang dapat memicu terjadinya gangguan kamtibmas, karena suasana yang kondusif merupakan kunci utama mensukseskan pilkada serentak di Sulawesi Tengah.
 
"Oleh karena itu, saya mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama mengawasi tahapan pilkada serentak agar berjalan transparan dan akuntabel," ujarnya.

Baca juga: KPU Sigi ajak masyarakat berpartisipasi aktif di Pilkada 2024
Baca juga: KPU Parigi Moutong petakan 748 TPS untuk Pilkada 2024
 
Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sulteng Arfan mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk upaya dalam menyukseskan pilkada di Sulawesi Tengah.
 
"Kami berharap kegiatan ini dapat membangun sinergisitas dan kolaborasi dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 di provinsi ini," ujarnya.
 
Melalui rakor ini, kata dia, diharapkan terjalin kolaborasi dan sinergi yang baik dalam upaya pencegahan berbagai potensi masalah yang dapat mengganggu tahapan pilkada serentak.