Pemkab Morowali Utara alokasikan Rp3 miliar untuk penerangan jalan

id PJU, lampu jalan, dishubmorut, pemkabmorut, Delis Hehi, bupatimorut, Morowali Utara, Sulteng

Pemkab Morowali Utara alokasikan Rp3 miliar untuk penerangan jalan

Ilustrasi- Sejumlah kendaraan melintas di ruas jalan Kota Kolonodale, ibu kota Kabupaten Morowali Utara. ANTARA/HO-Humas Pemkab Morut

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali Utara, Sulawesi Tengah, mengalokasikan anggaran Rp3 miliar untuk penerangan jalan umum (PJU) yang merupakan salah satu program prioritas pemkab setempat.

"Kurang lebih 200 titik pemasangan PJU menggunakan tenaga surya atau solar sel," kata Kepala Dinas Perhubungan Morowali Utara Ivan Mareoli melalui keterangan tertulisnya diterima di Palu, Rabu.

Menurut dia, penggunaan teknologi tenaga surya untuk menghemat pemakaian listrik, termasuk hemat biaya.



Ia menjelaskan sebagian besar PJU tersebut dipasang di ruas jalan dalam kota. Hal ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah (pemda) menata kawasan perkotaan, termasuk upaya mencegah kecelakaan lalu lintas serta tindak kejahatan.

Selain dalam kawasan kota, sebagian lampu jalan juga akan dipasang di Kecamatan Lembo, Lembo Raya, dan Mori Utara.

Ia mengatakan pemasangan penerangan jalan umum dilaksanakan pada September hingga November 2024. Saat ini sedang dilakukan proses pengadaan.



"Kami sedang menunggu kedatangan lampu-lampu tersebut, dan selanjutnya dipasang di titik-titik yang sudah dipersiapkan," ucap Ivan.

Ia mengemukakan program tersebut merupakan bagian dari visi dan misi pembangunan Pemkab Morut yang diterjemahkan ke dalam rencana jangka menengah daerah (RPJMD) pemkab setempat.

Hal itu sebagaimana arah kebijakan pemkab tersebut yakni membangun masyarakat Morowali Utara yang sehat, cerdas, dan sejahtera, serta pembenahan menjadi kota yang modern dan menarik.



"Kami ingin daerah ini layak dikunjungi semua orang, sehingga pengembangan infrastruktur menjadi bagian yang penting dilakukan," kata dia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Morowali Utara alokasikan Rp3 miliar untuk penerangan jalan