Disperindag-Sigi: Harga cabai merah keriting turun jadi Rp37 ribu

id Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Disperindag Sigi ,Cabai merah keriting ,Cabai rawit merah

Disperindag-Sigi: Harga cabai merah keriting turun jadi Rp37 ribu

Sejumlah pedagang saat menawarkan dagangannya di Pasar Masomba, Kota Palu, Sulawesi Tengah. ANTARA/MOH SALAM

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng) mencatat tujuh komoditi mengalami penurunan harga di daerah itu, seperti harga cabai merah keriting yang mengalami penurunan menjadi Rp37 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp38 ribu per kilogram. 
 
Adapun komoditi yang mengalami penurunan harga yaitu minyak curah menjadi Rp17 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp18 ribu per kilogram, daging ayam ras menjadi Rp33.500 per kilogram dari Rp34.500 per kilogram, dan cabai merah keriting menjadi Rp37 per kilogram dari sebelumnya Rp38 ribu per kilogram.
 
"Harga komoditi yang turun lainnya seperti bawang merah menjadi Rp30 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp34 ribu per kilogram, bawang putih menjadi Rp41 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp42 ribu per kilogram, Tomat menjadi Rp12 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp13 ribu per kilogram dan wortel menjadi Rp22 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp25 ribu per kilogram," kata Kepala Disperindag Sigi Agus Munandar di Sigi, Senin.
 
Turunnya harga komoditi di atas disebabkan harga di tingkat pengepul yang juga berangsur mendekati harga normal. 
 
Sementara untuk harga komoditi yang mengalami kenaikan, hanya terjadi pada cabai rawit merah pada pekan ini.
 
"Kenaikan harga cabai rawit merah saat ini menjadi Rp53 ribu per kilogram karena pasokan berkurang sehingga menyebabkan naiknya harga pada tingkat pengepul," ucapnya. 
 
Ia menuturkan saat ini untuk ketersediaan komoditi lainnya masih stabil di Kabupaten Sigi termasuk beras jenis premium dan medium.
 
"Ketersediaan stok komoditi yang lain masih tetap stabil dan lancar," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk harga ikan di Kabupaten Sigi tidak terpengaruh dengan adanya isu formalin dari Kota Palu.

"Di Sigi harganya masih normal, karena rata-rata pasarnya mingguan," tuturnya. 

Sebelumnya diketahui untuk harga beras di Kabupaten Sigi cenderung stabil yaitu beras merek Cinta Nur sebesar Rp16 ribu per kilogram, beras merek Kepala Rp13.500 per kilogram, Santana Rp13.500 per kilogram, dan SPHP Rp12.500 per kilogram.