Polda-Sulteng gelar layanan hipnoterapi bagi warga Poso sambut HUT RI

id Polda Sulteng ,Satgas Operasi Madago Raya ,Bakti sosial,Layanan hipnoterapi ,HUT ke-79 RI

Polda-Sulteng gelar layanan hipnoterapi bagi warga Poso sambut HUT RI

Puluhan warga Poso mengikuti bakti sosial layanan hipnoterapi yang diselenggarakan Polda Sulteng, di Poso, Selasa (30/7/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Palu (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Madago Raya, Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar bakti sosial berupa layanan hipnoterapi bagi masyarakat di Kabupaten Poso dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulteng Kombes Pol. Kurniawan Tandi Rongre di Palu, Selasa, mengatakan bahwa bakti sosial layanan hipnoterapi ini merupakan salah satu bentuk pelayanan publik yang diberikan oleh Brimob Sulteng.
 
"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan mental masyarakat serta membantu seseorang mengontrol keadaan kesadaran dengan lebih baik. Giat ini juga untuk menyemarakkan HUT Ke-79 RI," katanya.
 
Ia mengatakan dengan mengangkat tema "Semangat Kemerdekaan", kegiatan hipnoterapi ini menyasar tiga lokasi berbeda, yakni Kelurahan Tabalu, Betalemba, dan Masamba, di Kecamatan Poso Pesisir.
 
Hipnoterapi, kata dia, merupakan terapi yang memanfaatkan kondisi hipnosis untuk membantu individu mengatasi berbagai masalah psikologis yang diharapkan dapat membantu meringankan beban mental masyarakat.
 
Ia menambahkan kegiatan ini diikuti oleh warga dari berbagai kalangan mengatasi masalah mental seperti kecemasan, fobia, insomnia, stres, dan depresi.
 
"Layanan ini adalah salah satu inisiatif kami untuk menjaga kedekatan dengan masyarakat, terutama warga yang berada di Poso, wilayah tugas Operasi Madago Raya," ujarnya.
 
Menurut dia, giat ini tidak hanya menjadi sarana pengobatan bagi masyarakat, tetapi juga mempererat hubungan antara Brimob Sulteng dan warga Poso, serta menunjukkan komitmen Brimob dalam memberikan pelayanan yang langsung dan bermanfaat bagi masyarakat.
 
Ia berharap layanan hipnoterapi ini dapat membantu membentuk pola pikir dan mental individu agar mampu berprestasi dan berkontribusi lebih dalam kehidupan.
 
Ia menambahkan selain layanan hipnoterapi, Brimob Sulteng juga memperkenalkan Call Center Brimob Madago Respons, yang menyediakan layanan 24 jam untuk berbagai jenis bantuan.
 
Mulai dari penanganan ancaman bom, keadaan darurat, hingga patroli kemitraan untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).