Kantor Berita ANTARA paparkan literasi media kepada mahasiswa USU

id Tjsl antara, usu

Kantor Berita ANTARA paparkan literasi media kepada mahasiswa USU

Direktur Komersil, Pengembangan Bisnis dan TI Jaka Sugiyanta memaparkan liteeasi media di hadapan mahasiswa USU (ANTARA/Humas)

Medan (ANTARA) - Kantor Berita ANTARA melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) memberikan literasi media kepada 83 Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi pada Program Sarjana (S1), Program Magister (S2), dan Program Doktor (S3) Fakultas Ilmu  Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (USU) Medan  yang merupakan salah satu kampus negeri tertua di Pulau Sumatera.

Literasi media program TJSL Perum LKBN ANTARA berkolaborasi dengan USU itu menghadirkan narasumber Direktur Komersil Pengembangan Bisnis dan TI Jaka Sugiyanta dan Ketua Prodi Doktor dan Magister Ilmu Komunikasi FISIP  USU Prof DR Iskandar Zulkarnain MSi berlangsung di kampus USU di Medan, Jumat (30/8) seperti keterangan diperoleh, Sabtu.

Prof Iskandar Zulkarnain memaparkan prinsip utama media sehat bagi bangsa di era digital, harus akurasi dan verifikasi informasi. Harus menyajikan informasi yang akurat dan terverifikasi.

“Hari ini media memegang peranan penting khususnya di era digital, karena dengan perkembangan media digital cara pandang kita terhadap dunia sampai kepada cara kita berperilaku sangat berpengaruh,” katanya.

Ia menyebutkan, dengan digital, dunia menjadi satu perkampungan atau desa yang global, sehingga bata-batas negara dan sebagainya menjadi kabur.

“Mau tidak mau perkembangan digital harus diikuti dan dilakukan penyesuaian, kami mengucapkan terimakasih atas kegiatan ini karena materi yang dipaparkan sangat luar biasa,” katanya.

Direktur Komersial, Pengembangan Bisnis dan TI LKBN ANTARA Jaka Sugiyanta merasa optimis untuk menggaungkan literasi media pada kegiatan-kegiatan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) serupa yang akan diselenggarakan ke depan.

“ANTARA menyediakan kegiatan literasi media melalui program TJSL kepada mahasiswa sehingga mereka dapat menjadi duta literasi untuk menyampaikan langsung kepada masyarakat,” katanya.

Salah satu peserta, Dini Sriwati mahasiswa Program Doktoral Ilmu Komunikasi FISIP USU menyampaikan bahwa materi-materi yang disajikan sangat terkini.

“Saya pikir kegiatan-kegiatan seperti ini patut untuk diteruskan karena bisa memperkaya khasanah di bidang akademik dan dunia praktisi,” katanya.

Kuliah umum tersebut merupakan kontribusi ANTARA berkolaborasi dengan USU untuk memberikan literasi media kepada mahasiswa sesuai misi perusahaan yaitu mendidik, mencerahkan, memberdayakan dalam menyatukan NKRI melalui literasi untuk menangkal informasi-informasi yang menyesatkan.