Peringati Hari Pelanggan Nasional, BPJS Kesehatan Palu berikan gelas cantik kepada peserta JKN yang berkunjung

id Hari pelanggan, JKN, BPJS kesehatan, Rumondang Pakpahan, layanan JKN, kesehatan , Sulteng

Peringati Hari Pelanggan Nasional, BPJS Kesehatan Palu berikan gelas cantik kepada peserta JKN yang berkunjung

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palu H S Rumondang Pakpahan memberikan cindera mata kepada peserta JKN yang datang berkunjung di kantor BPJS Kesehatan di Palu, (4/9/2024). ANTARA/HO-Humas BPJS Kesehatan Cabang Palu

Palu (ANTARA) -
Kesehatan Cabang Palu turut serta merayakan hari pelanggan nasional dengan memberikan bingkisan berupa gelas cantik kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palu, pada Rabu (4/9).


 


Hari Pelanggan Nasional adalah sebuah hari yang diperingati oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia setiap tanggal 4 September. 


 


Kegiatan ini bertujuan untuk memperhatikan dan memberi apresiasi pada pelanggan mereka. Hari Pelanggan Nasional kerap dirayakan dengan diskon, bonus, promo, dan pemberian bingkisan hadiah dari berbagai perusahaan.


 


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palu, HS Rumondang Pakpahan mengatakan Hari Pelanggan Nasional dapat menjadi pengingat dan dorongan BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan untuk senantiasa meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN dan memastikan bahwa peserta telah mendapatkan kemudahan pelayanan kesehatan melalui Program JKN.


 


“Kami sangat berterima kasih kepada para peserta JKN yang telah berkontrobusi terhadap penyelenggaraan Program JKN sehingga dapat berjalan dengan baik. Kami akan terus berbenah meningkatkan mutu layanan baik di internal BPJS Kesehatan maupun di fasilitas Kesehatan agar peserta tidak menemui kendala dalam pemanfaatan nantinya,” ujarnya.


 


Rumondang juga menyampaikan, pemenuhan sarana prasarana diruang pelayanan juga menjadi perhatian agar peserta nyaman saat melakukan pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan, Frontliner dan Satuan Pengamanan juga rutin diberikan pembekalan, agar dapat memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan pedoman pelayanan prima kepada peserta JKN karena hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu layanan.


 


“Perayaan Hari Pelanggan Nasional ini juga sebagai momentum untuk melakukan perbaikan layanan, terus meningkatkan mutu layanan, keakuratan data peserta, kemudahan layanan, kecepatan layanan dan pelayanan tanpa diskriminasi. Kami berharap seluruh peserta dapat selalu terlayani dengan baik dan mendapatkan kemudahan ketika mengakses layanan di Kantor BPJS maupun di fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” ujarnya.


 


Beberapa peserta yang mendatangi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palu mengaku merasa senang dengan pelayanan yang telah diberikan oleh BPJS Kesehatan Cabang Palu. Hal inilah yang dirasakan oleh peserta JKN, Renita (35). 


 


Kedatangannya ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan informasi terkait Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB), karena dirinya sudah menunggak cukup lama.


 


“Saya berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan hari ini karena mendapatkan informasi dari tetangga terkait program cicilan BPJS Kesehatan. Saat saya masuk di Kantor BPJS Kesehatan Palu, satpam menyapa saya dengan ramah dan menanyakan tujuan saya. Saya pun diarahkan dan mendapatkan penjelasan yang jelas terkait Program REHAB tersebut,” cerita Nita.


 


Ia mengaku, dengan adanya program REHAB ini, dapat meringankan pembayaran tunggakan iuran program JKN-nya yang telah menunggak 20 bulan. Nita juga mengapresiasi keramahan Satpam dan petugas BPJS Kesehatan yang melayani dirinya. Ia mengaku puas mendapatkan informasi yang jelas karena petugas menjelaskan dengan sangat baik, sekalipun dirinya beberapa kali mengajukan pertanyaan.


 


“Saya dibantu mengunduh aplikasi Mobile JKN untuk pendaftaran Program REHAB. Ternyata banyak layanan yang dapat diakses di dalamnya. Saya juga sangat beruntung datang ke Kantor BPJS Kesehatan hari ini karena dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, saya diberikan gelas cantik oleh petugasnya,” ungkapnya.


 


Nita merasa tenang sekarang, karena sudah terdaftar pada Program REHAB. Ia akan mencicil tunggakannya selama enam bulan ke depan.


 


“Terima kasih BPJS Kesehatan atas pelayanannya yang luar biasa, saya berharap bukan hanya di Hari Pelanggan Nasional ini saja diberikan pelayanan yang baik, tetapi di hari-hari yang lain juga tetap sama. Semoga BPJS Kesehatan terus meningkatkan pelayanannya kepada peserta JKN,” tutup Nita. (tm/nh)