KPU Kabupaten Sigi terima empat jenis logistik Pilkada 2024

id Komisi Pemilihan Umum ,Kabupaten Sigi ,KPU Sigi ,Sulawesi Tengah ,Pilkada

KPU Kabupaten Sigi terima empat jenis logistik Pilkada 2024

Ketua KPU Kabupaten Sigi Soleman (tengah) didampingi komisioner lainnya memberikan keterangan kepada awak media terkait logistik Pilkada 2024 yang sudah tersedia di gudang KPU Sigi, Senin (23/9/2024). ANTARA/MOH SALAM

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah memastikan sudah menerima empat jenis logistik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024 di daerah yang kini disimpan di gudang logistik KPU setempat Desa Potoya, Kecamatan Dolo.
 


Ketua KPU Kabupaten Sigi Soleman di Maku, Senin, mengatakan terdapat empat buah logistik pilkada tiba di gudang KPU Sigi yaitu tinta, bilik suara, kabel ties dan segel kertas.


 


"Saat ini kami masih menunggu kotak suara yang pengirimannya masih dalam perjalanan," kata Soleman.


 


Ia mengemukakan logistik itu tiba di gudang KPU Sigi selama dua hari yaitu tanggal 21 dan 22 September 2024.


 


"Keseluruhan logistik ini langsung disimpan di gudang KPU Sigi dan kami tetap menggunakan gudang logistik Pemilu 2024 untuk pilkada ini di Desa Potoya, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi," ucapnya. 


 


Menurutnya logistik pertama tiba di gudang yaitu tinta yang diterima sesuai kebutuhan sebanyak 942 botol.


 


Untuk tiga logistik seperti bilik suara, kabel ties dan segel kertas tiba di gudang pada hari berikutnya yaitu tanggal 22 September 2024.


 


"Bilik Suara diterima sesuai kebutuhan berjumlah 1.884 buah, kabel ties sebanyak 5.652 buah terdiri dari kebutuhan pemilihan gubernur 2 826 buah dan kebutuhan pemilihan bupati 2.826 buah, serta segel kertas berjumlah 23.864 keping terdiri dari kebutuhan pilgub 13.752 keping, dan kebutuhan pilbup 10.112 keping," ujarnya.


 


Ia menjelaskan seluruh kebutuhan logistik terbagi dua tahap pengiriman termasuk surat suara dicetak usai pengundian nomor urut paslon gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati. 


 


"Pada intinya logistik tahap pertama sudah sebagian berada di gudang, sisa menunggu lagi kotak suara dan selanjutnya untuk surat suara itu segera dicetak pasca penetapan dan pengundian nomor urut paslon," tuturnya. 


 


Diketahui KPU Kabupaten Sigi telah menetapkan empat pasangan calon pada Pilkada 2024 yaitu Nirwansyah Parampasi dan Hesty Yulita, Rizal Injtenae dan Samuel Yansen Pongi, Agus Lamakarate dan Semuel Riga serta Husen Habibu dan Ajub Willem Darawia.


 


Selanjutnya pada tanggal 23 September 2024 dilaksanakan pengundian nomor urut paslon di Kabupaten Sigi dan tahapan kampanye mulai tanggal 25 September - 23 November mendatang.