Danau Tambing Dinilai Cocok Jadi Pendidikan Konservasi

id tambing.danau, konservasi, tnll

Danau Tambing Dinilai Cocok Jadi Pendidikan Konservasi

Prof Dr. Ramadhanil Pitopang,Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas MIPA Untad Palu. (Fptp Antara/Anas Masa

"Tidak ada di daerah lainnya di Indonesia. Hanya ada di wilayah ini," kata dia.



Palu, (antarasulteng.com)- Guru besar Fakultas MIPA Universitas Tadulako (Untad) Palu Prof Ramadhanil Pitopang menilai Danau Tambing, yang merupakan destinasi wisata unggulan di kawasan Taman Nasional Lore Lindu cocok menjadi pusat pendidikan konservasi di Tanah Air.


"Danau Tambing bukan semata-mata kawasan obyek wisata menarik bagi para wisatawan, tetapi lebih dari itu sangatlah tepat jika ditetapkan sebagai pusat pendidikan konservasi," katanya kepada Antara di lokasi itu, Senin.


Ia mengatakan sebanyak 134 mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Tadulako Palu, selama beberapa hari melaksanakan praktik lapangan di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu.


Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas MIPA Untad itu mengatakan mahasiswa dari jurusan Biologi melakukan praktik lapangan di kawasan hutang lindung Taman Nasional Lore Lindu (TNLL).


Ia mengatakan memilih TNLL sebagai tempat praktek lapangan para mahasiswa MIPA karena kawasan ini selain kawasan konservasi di Sulawesi, khususnya di Sulteng karena sudah sangat terkenal di seluruh dunia.


Menurut dia, kawasan ini selain kaya dengan keanekaragaman hayati flora dan fauna, masyarakat yang ada di sekitar kawasan Taman Nasional tersebut juga kaya akan kearifan lokal.


Di kawasan TNLL juga ada peninggalan sejarah yakni benda-benda bersejarah yang diukur oleh para ahli dari Jerman usianya ribuan tahun seperti patung megalit dan juga benda-benda purbakala di Dataran Besoa dan Bada yang banyak menarik para wisarawan mancanegara datang ke Provinsi Sulteng.


Di sekitar obyek wisata Danau Tambing, kata Prof Ramadhani sangat banyak terdapat tumbuh-tumbuhan endemik yang hanya hidup dan berkembang di kawasan ini.

Foto Anas Massa.

mahasiswa MIPA Untad Palu jurusam Biologi sedang menangkap serangga di lokasi obyek wisata Danau Tambing. (Foto Anas Masa)


"Tidak ada di daerah lainnya di Indonesia. Hanya ada di wilayah ini," kata dia.


Ia mengatakan banyak penemuan para ilmuan dalam Kurun lima tahun terakhir ini dan banyak pula yang belum didepkrisikan karena kurang orang yang melakukan penelitian di sekitar kawasan obyek wisata Danau Lindung.


Padahal, di kawasan ini masih banyak tumbuh-tumbuhan yang perlu diungkap atau diteliti dan diberi nama. Sebagai contoh kekayaan floranya itu, sesuai dengan hasil penelitiannya sendiri sebanyak 15 persen flora yang ada hanya ada di TNLL, terutama di sekitar obyek wisata Danau Tambing.


Karena itu, lokasi ini dipilihnya sebagai tempat pelaksanaan praktek lapangan para mahasiswa MIPA jurusan Biologi Untad Palu.


Selain melakukan penelitian berbagai jenis tumbuhan, juga serangga yang hidup dan berkembangbiak di hutan di sekitar Danau Tambing.


Sementara Kepala Balai Besar TNLL, Sudayatna menyambut positif kegiatan yang dilakukan para mahasiswa fakultas MIPA Untad jurusan Biologi di kawasan ini.


"Kami sangat mendukung dan berharap ke depan semakin banyak praktek lapangan di lakukan para mahasiswa di kawasan konservasi," kata dia.


Pihak Balai Besar TNLL, kata Sudayatna mendorong agar ke depan tidak hanya sebatas obyek wisata alam yang menjadi destinasi unggulan di provinsi ini, tetapi menjadi pusat pendidikan koservasi.


"Ini harapan kami ke depan dan niscaya bisa terwujud," kata dia.


Untuk mewujudkannya, pihak TNLL sekarang ini sedang membangun sebuah gedung dimana di dalamnya akan disediakan tempat pameran foto-foto berbagai keanekaragaman flora dan fauna dan benda-benda bersejarah yang ada di dalam maupun sekitar kawasan TNLL.


Juga akan disediakan ruangan khusus untuk tempat pemutaran film atau vidio tentang semua jenis flora dan fauna serta obyek-obyek wisata dan kebudayaan dan kesenian masing-masing komunitas masyarakat yang ada di dalam maupuns sekitar kawasan.


Gedungnya sudah selesai dibangun dan sekarang ini tinggal melengkapinya dengan berbagai peralatan yang dibutuhkan.


Luas areal TNLL sekarang ini sekitar 217.000 hektare. TNLL terbagi dalam dua wilayah yakni sebagian masuk pemerintahan Poso dan sebagian lagi Sigi