IAIN Jadikan PAI Simbol Mutu Perguruan Tinggi

id iain

IAIN Jadikan PAI Simbol Mutu Perguruan Tinggi

Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Palu Dr Abidin Djafar memberi arahan pada rapat koordinasi untuk penguatan mutu pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu, Selasa. (Muhammad Hajiji/antarasulteng.com)

Palu, (Antaranews Sulteng) - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Dr Abidin Djafar mengatakan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) akan menjadi simbol mutu dan daya saing perguruan tinggi tersebut.

"Rektor IAIN Prof Dr Saggaf sangat berharap agar Fakultas Tarbiyah lewat program studi PAI sebagai prodi lama dan paling banyak diminati, mewakili seluruh prodi di IAIN Palu," ungkap Abidin pada rapat koordinasi untuk penguatan dan peningkatan mutu Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, di Palu, Selasa.

IAIN, sebut Abidin, akan mengucurkan anggaran khusus kepada PAI, untuk ditingkatkan akreditasinya menjadi A serta menjadi simbol dari 25 prodi di perguruan tinggi tersebut.

PAI kemungkinan menjadi salah satu prodi di IAIN Palu yang paling dahulu dibenahi menuju reakreditasi predikat sehingga menjadi A.

Karena itu, kata Abidin, Fakultas Tarbiyah dalam penyusunan borang reakreditasi program studi, agar melibatkan tim pendamping untuk mengkaji lebih jauh borang tersebut.

"Sebelum borang dikirim ke Jakarta, datangkan dulu tim pendamping untuk mengkaji dan menilai borang tersebut. Agar peningkatan predikat akreditasi yang diharapkan tercapai," ujarnya.

Dirinya meminta kepada Fakultas Tarbiyah untuk mampu menerjemahkan keinginan dan harapan Rektor IAIN dalam kegiatan-kegiatan berbasis mutu.

"Jangan mengirim dokumen untuk akreditasi, bila nilai predikatnya tidak diketahui A. Target kita prodi PAI ini mewakili prodi-prodi lainnya," sebutnya.

Dia mengutarakan IAIN Palu menargetkan terakreditasi A pada tahun 2020 mendatang, sejalan dengan target Kemenag yang menginginkan IAIN dan STAIN terakreditasi A.

Wakil Rektor Bidang Akademik melakukan penguatan lewat koordinasi dengan setiap fakultas melibatkan seluruh jurusan dan prodi untuk percepatan peningkatan mutu dan daya saing.