Di Lokasi ini masyarakatnya paling sehat tinggal

id makanan

Ilustrasi (pixabay.com/)

Jakarta (Antaranews Sulteng) - Angka harapan hidup global rata-rata mencapai 71,4 tahun. Tetapi ada, lima tempat di dunia ini yang masyarakatnya tergolong paling sehat dan berumur panjang.
Apa rahasia mereka?
Sardinia, Italia
Masyarakat di sini sebagian besar menganut pola makan nabati dan rajin melakukan aktivitas fisik sehari-hari. Orang-orang di sana cenderung berjalan setidaknya lima mil sehari.
Pria yang memiliki anak perempuan mendapat perawatan yang sangat lembut saat mereka menua. Penanda M26 , varian genetik yang terkait dengan umur panjang yang ekstrem, telah diturunkan dari generasi ke generasi di komunitas terpencil ini.
Okinawa, Jepang
Masyarakat di Okinawa tinggal di lingkaran sosial kecil namun ketat. Hal ini agar mereka bisa berada di sana melalui semua pasang surut kehidupan, sembari masyarakat lainnya memberi dukungan sosial untuk menghilangkan stres dan memperkuat perilaku sehat. Hasilnya? Kebanyakan wanita di sana bisa hidup hingga usia di atas 100 tahun.
Nicoya, Kosta Rika
Orang Kosta Rika mendapatkan sebagian besar asupan kalori mereka dari kacang-kacangan, squash dan jagung, ditambah buah-buahan tropis. Cara ini membantu masyarakat Nicoya bisa bertahan sampai usia 90 tahun dan seterusnya.
Loma Linda, California, Amerika Serikat
Masyarakat di sana memiliki prinsip bersama, menekankan anggota masyarakat patuh terhadap Sabat - hari istirahat, refleksi - membantu mereka hidup 10 tahun lebih lama dari sesama orang Amerika. Banyak yang menghindari daging dan makan banyak tanaman, biji-bijian dan kacang-kacangan.
Ikaria, Yunani
Kebanggaan pada pulau tempat tinggalnya, membuat orang Ikarian berinvestasi di komunitas mereka. Mereka biasanya tidur lebih lambat dan patuh pada aturan makanan Mediterania - banyak memakan buah, sayuran, kacang, biji-bijian, kentang dan minyak zaitun .
1 dari 3 orang Ikaria hidup hingga usia 90 tahun-an dan sering terbebas dari demensia dan penyakit kronis. Demikian seperti dilansir laman Time.


Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar