Konser Vincolas ramaikan pembukaan Vuladongga Indonesiana

id spanyol

Panitia penyelenggara sedang melakukan survey lokasi konser Orkestra Vinculos Spanyol di Parigi (Foto Antara/Humas Parimo)

Parigi Moutong, Sulawesi Tengah,  (Antaranews Sulteng) - Kelompok orkestra Ocas dari kota Asturias Spanyol akan menggelar sejumlah konser musik bertajuk Vinculos untuk meramaikan vuladongga sebagai rangkaian kegiatan Indonesiana 2018 di Ruang Terbuka Hijau Masigi Parigi Moutong, 11 - 14 Agusutus 2018.

"Selain konser, selama lima hari di Parigi Moutong, 50 seniman dari negara Spanyol itu akan mempelajari kebudayaan dan eskplor Destinasi Pariwisata Kabupaten Parigi Moutong," ucap Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong, F Eny Susilowati, terkait rangkaian kegiatan Indonesiana, dalam keterangan tertulis Humas Sekretariat Pemkab Parigi Moutong, Jeprin.

Eny mengemukakan Indonesiana merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayan RI untuk memperkenalkan potensi seni budaya yang ada di Indonesia. Pada tahun ini Indonesiana akan melakukan pendukungan untuk 15 festival seni budaya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah Kabupaten Parigi Moutong.

Khusus di Kabupaten Parigi Moutong, urai dia, kegiatan ini akan melibatkan pemerintah daerah, komunitas, pusat kebudayaan/kedutaan asing serta swasta dalam berbagai bentuk kolaborasi bertajuk bulan purnama (vuladongga) yang akan dihadiri para seniman Eropa.

"Mari kita share sebanyak banyaknya informasi ini kepada seluruh masyarakat. Harapannya melalui event ini potensi budaya dan pariwisata kita bisa diketahui masyarakat luas, khususnya para seniman eropa yang akan berkunjung ke daerah ini," kata Eny.

Ia mengutarakab melalui kegiatan tersebut para budayawan akan dipertemukan dalam penampilan berbagai atraksi seni budaya dari beberapa kabupaten se-Sulawesi Tengah dan juga beberapa provinsi di Indonesia.?

Kegiatannya penunjang terdiri dari pawai budaya, pameran kesejarahan daerah, pameran kepurbakalaan, pertunjukan masyarakat adat, workshop seni budaya, serta kunjungan dibeberapa sekolah di Parigi dan sekitarnya.

Ia menyebut, Indonesiana di Kabupaten Parigi Moutong akan diawali dengan ritual adat dan Tomini Fashion Carnaval serta tarian selamat datang yaitu tari Pontanu ciptaan H M Hasan Bahasyuan yang akan dibawakan secara massal.

"Mari kita sukseskan kegiatan ini, karena dukungan dan partisipasi kita semua akan menentukan suksesnya kegiatan ini," imbuhnya. 

Baca juga: Grup Orkestra Vinculos Spanyol Bakal Konser di Parigi
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar