Grup Orkestra Vinculos Spanyol Bakal Konser di Parigi

id musik

Panitia penyelenggara sedang melakukan survey lokasi konser Orkestra Vinculos Spanyol di Parigi (Foto Antara/Humas Parimo)

Parigi (Antaranews Sulteng) - Kabupaten Parigi Moutong akan menjadi salah satu daerah yang akan dikunjungi grup orchestra Vinculos Spanyol. Rencananya, grup yang tergabung dalam Siero Chamber Orchestra (OCAS) Spanyol ini akan melakukan konser di Parigi, 14 Agustus mendatang.

Kesubdit Diplomasi Budaya Luar Negeri, Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Wawan Yogaswara mengatakan, selain ke Parigi Moutong, Tim Vinculos juga akan melakukan kegiatan yang sama, mulai dari Jakarta, Ambon, Kota Palu dan Kabupaten Sigi. 

"Mereka tiba di Indonesia tanggal 28 Juli, setelah di Jakarta, terus ke Ambon. Nanti tanggal 12 Agustus mereka tampil Palu dan Sigi, selanjutnya ke Parigi Moutong tanggal 13-14 Agustus," kata Wawan Yogaswara ditemui usai buka puasa bersama di salah satu rumah makan desa Lebo Parigi, Kamis (24/5).

Didampingi Koordinator grup OCAS Vinculos Spanyol, Carmen Caballeroz, Pejebat eselon III Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini, kemarin (24/5), meninjau langsung lokasi yang akan dijadikan tempat konser Vinculos, yaitu pelataran eks.lokasi Sail Tomini Kayu Bura dan alun-alun kantor bupati. 

Survei ini juga ikut didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Parigi Moutong, Adrudin Nur SPd MSi dan Tim Bidang Kebudayaan Dikbud.

Wawan menjelaskan, misi utama dari Vinculos adalah mengkampanyekan interaksi sosial dan budaya melalui musik. 

"Kegiatan ini digagas oleh Siero Chamber Orchestra (OCAS) Spanyol. Misinya adalah mengampanyekan interaksi sosial dan budaya melalui musik. Lebih ke misi sosial mempromo¬sikan dan memperkenalkan perbedaan dari keragaman buda¬ya, pola hidup, adat istiadat, tampa diskriminasi ras, agama, so¬sial dan lainnya," jelasnya.

Kata Wawan, Tim Vinculos yang akan melakukan pertunjukan musik orkestra ini berjumlah 46 orang. Mereka datang dengan biaya sendiri. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI hanya memfasilitasi kunjungannya ke masing-masing daerah. “Sebenarnya setiap Negara itu mereka hanya tampil sekali. Kecuali di Indonesia karena mereka terkesan dengan kebudayaan kita,”ujarnya.

Konser Vinculos di Parigi dipastikan lebih menarik, karena akan ada kolaborasi dengan musisi lokal. 

"Kalau di Palu, direncanakan mereka akan berkolaborasi dengan Palu Percusion. Di Parigi juga rencananya begitu, nanti mereka akan konser dengan metode flash mob. Ada keramaian, tiba-tiba muncul, pasti akan lebih menarik," kata Wawan. 
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar