Jalan kaki ekstra 15 menit setiap hari tingkatkan ekonomi global

id olahraga jalan kaki,jogging,meningkatkan harapan hidup,produktivitas

Jalan kaki ekstra 15 menit setiap hari  tingkatkan ekonomi global

Jalan kaki (Ist) (Ist/)

London (ANTARA) - Ekonomi dunia dapat ditingkatkan hingga 100 miliar dolar AS per tahun jika pengusaha berhasil mendorong staf mereka untuk memenuhi pedoman Organisasi Kesehatan Dunia tentang olahraga, menurut analisis dampak ekonomi dari kegiatan.

Menambahkan 15 menit lagi untuk berjalan kaki setiap hari, atau berlari kecil satu kilometer setiap hari, akan meningkatkan produktivitas dan memperpanjang harapan hidup - yang akan membuat ekonomi semakin tumbuh, demikian penemuan suatu penelitian yang dijalankan oleh kelompok asuransi kesehatan Vitality dan lembaga kajian RAND Europe.

Dorongan ekonomi akan datang dari tingkat kematian yang lebih rendah. Dengan kata lain, faktor itu akan membuat lebih banyak orang menjadi hidup, bekerja dan berkontribusi pada ekonomi lebih lama, kata penulis studi. Waktu yang diambil oleh karyawan untuk cuti sakit juga menjadi berkurang.

Hans Pung, presiden RAND Eropa, mengatakan studi tersebut menyoroti "hubungan yang signifikan antara pola hidup tidak aktif dan kehilangan produktivitas". Hasil penelitian itu seharusnya memberi para pembuat kebijakan dan pengusaha "perspektif baru tentang cara meningkatkan produktivitas populasi mereka".

WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) merekomendasikan bahwa semua orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit olahraga sedang, atau 75 menit olahraga penuh semangat dalam seminggu. Dalam sebuah penelitian tahun lalu ditemukan bahwa sekitar 40 persen orang dewasa di Amerika Serikat, 36 persen di Inggris dan 14 persen di China melakukan terlalu sedikit olahraga untuk tetap sehat.

Studi RAND / Vitalitas sebagian didasarkan pada data dari sekitar 120.000 orang di tujuh negara. Penelitian itu kemudian menjadi model dan memproyeksikan manfaat ekonomi potensial dari peningkatan aktivitas fisik secara global dan untuk 23 negara.

Studi tersebut menemukan bahwa jika semua orang dewasa berusia antara 18 dan 64 berjalan kaki 15 menit lebih setiap hari, kegiatan itu dapat meningkatkan keuntungan bagi ekonomi dunia sekitar 100 miliar dolar dalam tahun ke tahun.

Mereka juga menemukan bahwa orang berusia 40 tahun yang tidak aktif secara fisik dapat meningkatkan harapan hidup mereka, rata-rata, sebesar 3,2 tahun, dengan melakukan jogging 20 menit sehari.

Sumber: Reuters