KMP Tanjung Api layani penumpang khusus pelamar CPNS di Banggai

id Luwuk Banggai, Kapal Ferry, ASDP Luwuk, Banggai Laut, CPNS, Sulawesi Tengah, Nana Sulistia

KMP Tanjung Api layani penumpang khusus pelamar CPNS di Banggai

Suasana penumpang KMP Tanjung Api yang bernaung di bawah PT ASDP Cabang Luwuk membludak, Selasa (28/1). (Foto ANTARA/Stepensopyan Pontoh)

Luwuk, Banggai (ANTARA) - KMP Tanjung Api, sebuah feri angkutan penumpang di bawah naungan PT ASDP  Cabang Luwuk, SulawesiTengah, melayani khusus para pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari Kabupaten Banggai menuju Kabupaten Banggai Laut, Selasa malam.

"Sebenarnya malam ini kita tidak punya rute pelayaran ke Banggai Laut. Tapi karena permintaan penumpang makanya kami operasikan feri ini," kata Manager Operasion ASDP Luwuk Nana Sulistia di Luwuk, Kabupaten Banggai.

Ia menjelaskan keberangkatan KMP Tanjung Api merupakan bentuk kebijakan manajemen untuk memenuhi permintaan masyarakat, khususnya pelamar CPNS yang akan melakukan pengambilan kartu ujian di Kabupaten Banggai Laut.

"Kita awalnya tidak beroperasi tapi karena kapal yang satunya masih jadwal 'docking' dan melihat permintaan yang tinggi sehingga kami buka pelayanan," kata Nana.

Kepadatan penumpang sudah terlihat sejak pagi saat loket penjualan tiket dibuka. Saat waktu menunjukkan pukul 10.00 Wita, penjualan tiket keberangkatan KMP Tanjung Api sudah mencapai 200 orang.

"Kami tetap menerapkan penjualan tiket sesuai kapasitas kapal. Semoga saja semua penumpang bisa terangkut," ungkapnya.

Kepadatan penumpang feri rute Luwuk - Banggai Laut terjadi karena dibukanya penerimaan CPNS di Kabupaten Banggai Laut. Sementara sebagian besar pelamar berasal dari luar daerah, utamanya Kabupaten Banggai. 

Tahun ini, sekira 4.000 lebih pelamar CPNS Banggai Laut dinyatakan lulus bersyarat dan siap mengikuti tes dengan sistem CAT pada bulan Februari 2020.