Pemkot inginkan NGO bantu pemulihan bencana alam Palu

id Wali kota, palu, hidayat, rehab-rekon JMK-OXFAM

Pemkot inginkan NGO bantu pemulihan bencana alam Palu

Wali Kota Palu, Hidayat saat menerima kunjungan Jaringan Mitra Kemanusiaan (JMK)-OXFAM, di ruang kerjanya, Jumat (10/7/2020). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Kita ingin berkolaborasi dalam penanganan pemulihan pascabencana 28 September 2018 agar rehabilitasi dan rekonstruksi cepat rampung
Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah menginginkan NGO turut membantu pemerintah menangani pemulihan pascabencana dalam berbagai aspek.

"Kita ingin berkolaborasi dalam penanganan pemulihan pascabencana 28 September 2018 agar rehabilitasi dan rekonstruksi cepat rampung," kata Wali Kota Palu Hidayat saat menerima kunjungan Jaringan Mitra Kemanusiaan (JMK)-OXFAM, di ruang kerjanya, Jumat.

Kunjungan tersebut dalam rangka silaturrahmi sekaligus menyampaikan keberadaan Forum Kelompok Rentan desa/kelurahan di Kota Palu yang difasilitasi oleh JMK - OXFAM sebagai respon terhadap bencana Sulteng.

Wali kota menginginkan, pertemuan itu jangan hanya sampai sebatas diskusi, tetapi perlu kerja-kerja ril membantu pemerintah mengawal keberadaan forum kelompok rentan di kota itu.

Wali kota mengatakan, bahwa pihaknya saat ini terus berupaya mewujudkan misi ketiga Pemkot Palu yakni 'kelurahan inovasi unggul dan mandiri berbasis Iptek bagi kemandirian ekonomi kerakyatan.'

Oleh karena itu, kelompok rentan disarankan agar membentuk kelompok usaha yang sesuai dengan kebutuhan mereka untuk dianggarkan pada tahun 2021 mendatang.

"Orientasi kita saat ini adalah ekonomi mikro. Bukan hanya peralatan usaha diberikan tapi bahan baku juga kami siapkan, dengan harapan mereka sudah siap menjalankan usaha," ujarnya Hidayat.

Intervensi melalui program prioritas pemkot saat ini, katanya, sangat membantu kelompok rentan dalam meningkatkan perekonomian mereka.

Bahkan, pemerintah setempat telah menyediakan pasar atas kerja sama dibangun dengan salah satu pihak swasta yakni Alfamidi untuk penjualan produk-produk lokal sesuai standar yang telah ditentukan.

"JMK - OXFAM NGO yang berkompeten di bidangnya. Maka memang perlu pendampingan terhadap kelompok rentan agar perekonomian mereka dapat meningkat dan mandiri," demikian Hidayat.
Pewarta :
Editor : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar