Parigi Moutong presentasikan komoditas unggulan di Kaltim

id Samsurizal tombolotutu, komoditas unggulan, sektor pertanian, parigi moutong

Parigi Moutong  presentasikan komoditas unggulan di Kaltim

Bupati Kabupaten Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu. ANTARA/Moh Ridwan

Parigi (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, akan mempresentasikan sejumlah komoditas unggulan di Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
 
Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu, di Parigi, Selasa mengatakan presentasi sejumlah komoditas unggulan itu selain untuk menjalin rencana kerja sama sebagai penyedia bahan baku kebutuhan mereka, sekaligus ingin menjadi daerah penyangga ketahanan pangan bagi ibu kota negara di Kalimantan Timur nanti.
 
"Kita memiliki sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan dengan hasil yang cukup menjanjikan. Sektor ini kita dorong sebagai pintu masuk penyuplai bahan baku," kata Samsurizal..

Pemkab Parigi Moutong menjadwalkan berkunjung ke Provinsi kedua terluas di Indonesia itu pada 21-23 September 2020.

Namun sebelum berkunjung, kata dia, pemerintah daerah setempat sudah mempersiapkan bahan yang akan dipresentasikan dengan melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) teknis terkait.
 
Menurut Samsurizal, setelah presentasi nanti, OPD teknis disarankan agar meninjau masing-masing instansi agar apa yang mereka butuhkan terserap dengan baik dan mungkin sebagai jalan masuk menjalin kerja sama.
 
"Selain memberikan informasi tentang sektor unggulan daerah, juga sebagai langkah awal membangun hubungan komunikasi dan informasi sesuai kebutuhan masing-masing daerah," ujar Samsurizal.
 
Oleh karena itu, dia memastikan perangkatnya agar menyiapkan bahan presentase yang lengkap, termasuk komoditas-komoditas yang akan dipromosikan serta letak geografis.
 
Dia berharap kunjungan perdana nanti pihaknya bisa membawa dampak positif sekaligus menginventarisir kebutuhan Pemkab Panajam Paser Utara.
 
"Kalau kebutuhan mereka belum cukup, kita bangun kerja sama di sejumlah sektor. Kita masih memiliki waktu tiga tahun ke depan. Kalau apa yang dicita-citakan bisa terjalin, kita akan dukung sepenuhnya," ucapnya.
 
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong dr. Revy Tilaar mengatakan, komoditas unggulan yang bakal dipresentasikan di antaranya tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perkebunan, sentra industri kelapa. Kemudian sektor perikanan tangkap dan budi daya, termasuk UKM, perindustrian dan perdagangan.
 
"Mudah-mudahan apa yang telah kita agendakan membuahkan hasil yang baik," ujar Revy.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar