Bupati Parigi terima penghargaan pelaku olahraga berprestasi dari Menpora

id Menpora,Dito Ariotedjo, olahraga, bupatparimo, Samsurizal Tombolotutu, sulteng,Bupati Parigi terima penghargaan pelaku o

Bupati Parigi terima penghargaan pelaku olahraga berprestasi dari Menpora

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto menyerahkan penghargaan Pelaku Olahraga Berprestasi Tahun 2023 kategori Pembina Olahraga kepada Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu (kedua kanan) pada peringatan Hari Olahraga (Haornas) ke-XL tahun 2023 di Jakarta Sabtu (9/9/2023) malam. ANTARA/HO-Porkopim Pemkab Parimo

Palu (ANTARA) - Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu menerima penghargaan pelaku olahraga berprestasi Tahun 2023 dari Pemerintah Pusat/Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo di Jakarta pada Sabtu (9/9) malam.

"Saya menerima penghargaan dari Menpora kategori pembina olahraga yang diserahkan Menhan Prabowo," kata Samsurizal melalui keterangan tertulisnya diterima di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu.

Ia mengemukakan, penghargaan oleh pemerintah pusat menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi dirinya untuk terus berupaya memajukan prestasi olahraga di daerah yang masuk Provinsi Sulawesi Tengah itu.

Sebab, beberapa tahun terakhir Pemkab Parigi Moutong gencar melakukan terobosan pengembangan sektor olahraga melalui program prioritas pembangunan prasarana olahraga di setiap wilayah, pemberdayaan minat maupun bakat melalui program olahraga masuk sekolah dan olahraga masuk desa serta melaksanakan program kompetisi olahraga lainnya.

Selain itu, ia juga memfasilitasi pembentukan klub sepakbola di setiap wilayah, dan menggulirkan kompetisi sepakbola kelompok umur secara berjenjang U-12, U-15 dan U-17.

Sehingga Kemenpora menilai apa yang telah dilakukan sudah sesuai dengan implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 44 Tahun 2014 tentang Pemberian Penghargaan Olahraga.

"Penghargaan yang kami raih, tidak terlepas dari dukungan warga Parigi Moutong maupun pemangku kepentingan lain di bidang olahraga. Penghargaan ini kami jadikan motivasi untuk terus memajukan bidang olahraga di daerah ini," ujar Samsurizal.

Melalui prestasi ini, ia berharap Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) setempat sebagai instansi teknis terus memperkuat infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) olahraga supaya Parigi Moutong dapat mencetak atlet-atlet berprestasi ke depan.

Ia menambahkan, sebagai kepala daerah ia memiliki keterbatasan waktu, sehingga ujung tombak menyukseskan program ini adalah OPD teknis.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mewakili Presiden RI Joko Widodo yang berhalangan.
"Terima kasih kepada Kemenpora atas apresiasi ini dan para pihak yang telah mendukung program olahraga di Parigi Moutong," demikian Samsurizal.