Suryaraya Lestarikan Terumbu Karang Dan Cumi-Cumi

id terumbu

Suryaraya Lestarikan Terumbu Karang Dan Cumi-Cumi

Ilustrasi-Transplantasi Terubu Karang (antaranews)

Program ini adalah program pertama di Sulawesi Barat dan harus diapresiasi
Makassar,  (antarasulteng.com) - Anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk di Mamuju Utara, Sulbar, PT Suryaraya Lestari 1, melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup dengan melakukan transplantasi terumbu karang dan pembuatan "actractor" cumi-cumi.

"Program ini adalah program pertama di Sulawesi Barat dan harus diapresiasi," ujar perwakilan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sulawesi Barat, Benyamin, Kamis, pada acara transplantasi terumbu karang.

Acara ini turut dihadiri oleh Camat Sarudu, BLH Mamuju Utara dan BLH Sulawesi Barat.

Camat Sarudu sangat berterima kasih kepada PT Suryaraya Lestari yang peduli dengan lingkungan sekitar. "Kami berharap nelayan mengikuti jejak PT Suryaraya Lestari 1 dalam pengelolaan lingkungan hidup," katanya.

Humas PT Suryaraya Lestari 1, Wawan Dinawan, mengatakan melalui kegiatan tersebut diharapkan terdapat dampak positif terhadap lingkungan.

"Ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada lingkungan, terutama kelestarian laut dan pantai, juga masyarakat nelayan," katanya.

Dia mengatakan dengan adanya terumbu karang dan "actractor" akan menghidupkan ekosistem yang sudah rusak.

"Tindakan ini memancing ikan dan biota laut lainnya, termasuk cumi-cumi, untuk mendekat kepada ekosistem baru. Dengan demikian, nelayan tidak perlu lagi untuk mencari ikan dan cumi-cumi jauh ke tengah lautan," katanya.

Metode yang digunakan untuk transplantasi dan pembuatan actractor merupakan metode yang paling efektif dan paling murah saat ini.

PT Suryaraya Lestari 1 telah bekerja sama dengan CV Bulu Lajompi, lembaga yang bergerak di bidang pengelolaan lingkungan, dalam melaksanakan program tersebut.

"Metode ini sengaja digunakan agar masyarakat bisa meniru. Bahannya dapat ditemukan dan dicari dengan sangat mudah dan murah," ujar Iqbal dari perusahaan tersebut.

Salah satu tokoh nelayan setempat, Jaelani, sangat mendukung kegiatan ini. "Kita harus melakukan kegiatan ini lebih banyak lagi dengan pertemuan-pertemuan yang lebih intensif," katanya.

Sebelum transplantasi terumbu karang ini, PT Suryaraya Lestari 1 sudah melakukan kegiatan lain yang bertema lingkungan diantaranya, penanaman pohon bambu.

Kepedulian perusahaan terhadap lingkungan bahkan telah mendapat apresiasi dengan diraihnya penghargaan proper kategori hijau dari Kementrian Lingkungan Hidup. (skd)