Dinas Perikanan Donggala bantu warga Pinembani satu ton ikan

id pemkab donggala,donggala,ali assagaf,bupati donggala,pinembani,dinas kelautan dan perikanan donggala

Dinas Perikanan Donggala  bantu warga Pinembani satu ton ikan

Bupati Donggala Kasman Lassa didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ali Assagaf menyerahkan bantuan ikan segar dan ikan kering sebanyak 1ton lebih kepada warga Kecamatan Pinembani. (ANTARA/HO-Dinas Kelautan Perikanan Donggala)

Donggala, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, memberikan bantuan ikan sebanyak satu ton kepada masyarakat di Kecamatan Pinembani, sebagai salah satu upaya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat setempat.

"Iya, pelantikan bapak Sore sebagai Camat Pinembani dan bapak Herlyn sebagai Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dirangkaikan pemberian bantuan ikan yang disediakan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan bapak Ali Assagaf sebanyak 1 ton," ucap Bupati Donggala, Kasman Lassa, di Donggala, Jumat.

Dua pejabat itu dilantik secara langsung oleh Bupati Kasman Lassa, dirangkaikan dengan pembagian ikan sebanyak satu ton kepada warga yang dilakukan oleh Bupati, di Desa Palintuma Kecamatan Pinembani.

Pinembani merupakan satu wilayah Kabupaten Donggala yang berada di sekitaran pegunungan Gawalise. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Sigi dan Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat.

Karena itu, Bupati menyebut pemberian bantuan ikan kepada masyarakat sebanyak 1 ton lebih, untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat setempat yang jauh dari laut.

"Mereka di pegunungan membutuhkan ikan," ujar Bupati.

"Ikan yang diberikan yaitu jenis ikan basah dan ikan kering, hal ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat Pinembani, sekaligus berbagi rasa syukur atas adanya potensi ikan yang dimiliki Donggala," ujar Bupati.

Menurut Bupati ikan menjadi stau jenis pangan yang memiliki protein yang tinggi, karena itu diharapkan masyarakat dapat mengkonsumsi ikan demi terbangunnya kesehatan tubuh.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Donggala Ali Assagaf mengemukakan pemberian bantuan ikan tersebut, sebagai wujud komitmen pemerintah daerah Kabupaten Donggala dalam membangun ketahanan pangan masyarakat.

"Dinas Perikanan memandang serius dan terus berupaya mewujudkan ketahanan pangan berbasis komoditas/produk perikanan," ucap Ali Assagaf.

Hal itu karena, kata Ali Assagaf ketahanan pangan merupakan bagian dari upaya pemenuhan hak atas pangan yang merupakan salah satu pilar utama hak azasi manusia, serta merupakan pendukung terwujudnya ketahanan nasional, dan menjadi modal pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas, mandiri dan sejahtera.

Ia menambahkan penyerahan ikan segar dan ikan kering sebanyak 1,1 ton kepada masyarakat Pinembani, sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Donggala dalam merealisasikan visi dan misi terwujudnya masyarakat Kabupaten Donggala yang maju, sejahtera, mandiri berdaya saing, berkarakter berpijak pada kearifan lokal.

Berkaitan dengan itu Kepala Desa Palintuma Arianus menyampaikan terima kasih kepada Bupati Donggala dan Dinas Perikanan yang telah memberikan bantuan ikan segar dan ikan kering sebanyak 1,1 ton.

"Bantuan ini sangat berarti dan sangat bermanfaat bagi masyarakat kami," ungkapnya.
Foto bersama Bupati Donggala Kasman Lassa, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ali Assagaf dengan Camat Pinembani Sore, dan warga di kecamatan tersebut. (ANTARA/HO-Dinas Kelautan Perikanan Donggala)







 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar