Pemkab Morut luncurkan aplikasi SIDATA untuk tarik wisatawan

id Sulteng ,Sandi,Ppkm,Morut ,Pon

Pemkab Morut  luncurkan aplikasi SIDATA untuk tarik wisatawan

Wakil Bupati Morut H. Djira K. memukul gong tanda peluncuran aplikasi SIDATA untuk mengembangkan sektor pariwisata Morut di Puncak Bougenville, Jumat (1/10/2021). ANTARA/HO-Media Center Pemkab Morut

Morowali Utara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah, meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Digital Pariwisata (SIDITA) untuk mengembangkan sektor pariwisata dan menarik wisatawan berkunjung ke Morut.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Morut Alfred Rizal Tompira menerangkan bahwa aplikasi SIDITA memudahkan masyarakat, terutama wisatawan untuk menemukan dan mendapatkan informasi secara luas mengenai informasi kepariwisataan Morut meliputi objek wisata maupun kuliner.

"Fitur di aplikasi ini akan mempermudah akses pencarian data dan mengenal destinasi wisata. Aplikasi ini dapat pula diunduh pada smartphone android di Playstore," katanya pada acara peluncuran aplikasi SIDATA di objek wisata Puncak Bougenville, Jumat.

Ia yakin SIDATA dapat mendongkrak jumlah kunjungan masyarakat, terutama wisatawan dari dalam dan luar negeri ke objek-objek wisata di Morut yang pada akhirnya berdampak signifikan terhadap perekonomian masyarakat dan pendapatan daerah.

Usai meluncurkan aplikasi SIDATA, Wakil Bupati Morut H. Djira K. menyatakan sangat bangga atas terobosan tersebut dalam pengembangan sektor pariwisata, terutama untuk mempermudah wisatawan mendapatkan akses informasi terkait dengan destinasi wisata yang menarik di Morut.

"Aplikasi seperti ini memang sangat dibutuhkan dan sejalan dengan era digitalisasi seperti sekarang," ujarnya.

Diingatkan pula bahwa penggunaan aplikasi ini juga harus diisi dan dikelola dengan serius dan profesional. Informasi dan konten yang ada di dalam SIDATA harus menarik agar para wisatawan tertarik berkunjung ke Morut.

"Jangan sampai orang kecewa setelah mengakses aplikasi ini. Jadi, isinya harus lengkap dan menarik," kata Djira.