Basarnas cari penumpang terjatuh dari kapal pelayaran Bajoe-Kolaka

id Basarnas, cari, penumpang, terjatuh, dari, kapal, pelayaran, Bone, Kolaka

Basarnas cari penumpang terjatuh dari kapal pelayaran Bajoe-Kolaka

Basarnas saat mencari penumpang terjatuh dari kapal pelayaran Pelabuhan Bajoe Kabupaten Bone Sulawesi Selatan menuju Pelabuhan Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Selasa (22/3/2022) (ANTARA/HO-Humas Basarnas Kendari)

Kendari (ANTARA) - Basarnas Kendari melakukan operasi pencarian terhadap seorang penumpang kapal bernama Tuo (30) yang dilaporkan terjatuh saat berlayar dari Pelabuhan Bajoe Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan menuju Pelabuhan Kolaka, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi di Kendari, Selasa mengatakan pihaknya mendapat informasi tersebut pada Senin (21/3) malam sekitar pukul 21.45 Wita dari anggota Polsek KP3 Kolaka bernama Rizal.

"Informasi dari Bapak Rizal anggota Polsek KP3 Kolaka yang melaporkan bahwa pada pukul 21.30 Wita telah terjadi kecelakaan kapal MOB yakni satu orang penumpang KMP Mishima yang terjatuh dari kapal di sekitar Perairan Kolaka kurang lebih 3 mil laut dari Pelabuhan Kolaka," katanya.

Dia menyebut, berdasarkan laporan tersebut maka pada pukul 22.05 Wita Tim Penyelamat Pos SAR Kolaka diberangkatkan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR.

Tim Basarnas tiba di lokasi kejadian sekitar pukul pukul 23.00 Wita dan melakukan penyisiran, namun hingga pukul 00.25 wita hasil nihil dimana tim terkendala adanya gelombang tinggi sebab jarak pandang yang terbatas sehingga tim memutuskan untuk menghentikan sementara pencarian dan akan dilanjutkan kembali pada pagi Selasa (22/3).

"Hari ini Tim SAR gabungan kembali melanjutkan operasi pencarian bersama personel Polres Kolaka, Syahbandar Kolaka, Pos AL Kolaka dan kru KMP Mishima," ujar dia.

Hari kedua pencarian korban dilakukan dengan membagi empat tim di antaranya Tim 1 dengan menggunakan perahu karet melakukan penyisiran di sekitar lokasi jatuhnya korban dengan luas area pencarian 0,12 mil laut persegi. Tim 2 dengan menggunakan speedboat melakukan penyisiran sebelah utara lokasi jatuhnya korban dengan luas area pencarian 0,14 mil laut persegi.

Kemudian Tim 3 dengan menggunakan sekoci melakukan penyisiran sebelah timur lokasi jatuhnya korban dengan luas area pencarian 0,11 mil laut persegi, lalu Tim 4 dengan menggunakan sekoci melakukan penyisiran sebelah selatan lokasi jatuhnya korban dengan luas area pencarian 0,11 mil laut persegi.

Pada Senin 21 Maret 2022 pukul 15.00 Wita KMP Mishima berangkat dari Pelabuhan Bajoe, Bone menuju Pelabuhan Kolaka, diperjalanan sekitar 3 NM dari Pelabuhan Kolaka, kru kapal mendapat laporan dari salah seorang penumpang yang menyampaikan ada seorang penumpang yang terjatuh ke kaut.

"Berdasarkan laporan tersebut, KMP Mishima kemudian melakukan pencarian di sekitar lokasi jatuhnya korban, namun hingga saat laporan ini kami terima korban belum ditemukan," demikian Aris.