DMI Sulteng perkuat struktur pengurus optimalkan pembinaan masjid

id DMI,DMI Sulteng,Masjid,Pengurus masjid,Ahmad ali,Muchtar Ibnu Masud

DMI Sulteng  perkuat struktur pengurus optimalkan pembinaan masjid

Ketua Umum PW DMI Sulteng Ahmad M Ali (kiri), bersama Sekretaris Umum, Muchtar Ibnu Masud, berjalan menuju Sekretariat PW DMI Sulteng, di Palu, Senin (4/4/2022). (ANTARA/HO-Dok DMI Sulteng)

Palu (ANTARA) - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulteng memperkuat struktur kepengurusan dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota untuk memperkuat organisasi dan optimalisasi pembinaan masjid.

"Penguatan struktur pengurus organisasi ini dimulai dari tingkat provinsi," kata Sekretaris Ketua DMI Provinsi Sulteng Muchtar di Palu, Minggu (24/4).

DMI kabupaten/kota di Sulteng, di antaranya di Kabupaten Sigi, Kota Palu dan Donggala telah menggelar musyawarah daerah untuk memilih ketua, sebagai salah satu bentuk penguatan organisasi.



Berdasarkan hasil musyawarah tiga daerah tersebut, yang dihadiri oleh beberapa utusan pengurus/pegawai syara masjid sepakat memilih Moh Agus Rahmat Lamakarate sebagai Ketua DMI Sigi, Herry Mulyadi sebagai Ketua DMI Kota Palu dan Idham Pagaluma sebagai Ketua DMI Kabupaten Donggala.

Namun, dalam perjalanannya Ketua DMI Kota Palu Herry Mulyadi mengundurkan diri dengan alasan tertentu.

"DMI Sulteng telah menerima surat pengunduran diri Ketua DMI Palu. DMI sebagai organisasi umat memberikan ruang kepada siapapun untuk bergabung dengan DMI dalam rangka optimalisasi visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid," ujar Muchtar.

Terkait pengunduran diri Herry Mulyadi dari Ketua DMI Kota Palu, Muchtar menyebut DMI akan memroses pengunduran diri tersebut sesuai dengan anggaran dasar dan peraturan organisasi.

Saat ini, terdapat beberapa nama tokoh masyarakat yang diusulkan oleh pengurus/pegawai syara dari beberapa masjid di Kota Palu sebagai pengganti Herry Mulyadi dari jabatan Ketua DMI Palu.



"Salah satu nama yang diusulkan oleh perwakilan masjid adalah bapak Siradjuddin Ramli," sebutnya.

DMI Sulteng segera menggelar kembali musyawarah daerah pada Rabu (27/4) untuk menentukan Ketua DMI Kota Palu. "Penentuan ketua berdasarkan hasil musyawarah daerah, yaitu pegawai syara/pengurus perwakilan masjid yang akan memilih," ujarnya.