FKUB-BIN Sulteng sinergi tingkatkan kualitas kamtibmas

id FKUB,FKUB Sulteng,Prof KH Zainal Abidin,Ka Binda Sulteng,Bin Sulteng,Brigjen TNI Arman Dahlan,FKUB-BIN Sulteng sinergi,s

FKUB-BIN Sulteng sinergi  tingkatkan kualitas kamtibmas

Pertemuan silaturahim antara Kepala BIN Provinsi Sulteng Brigjen TNI Arman Dahlan dengan Ketua FKUB Sulteng Prof KH Zainal Abidin, di Palu, Kamis (8/9/2022) (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Badan Intelijen Negara (BIN) bersinergi untuk meningkatkan kualitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di provinsi tersebut.

"FKUB adalah mitra pemerintah yang berperan membina umat beragama," kata Ketua FKUB Provinsi Sulteng Prof KH Zainal Abidin, di Palu, Kamis.

Sinerji FKUB dengan BIN Daerah Provinsi Sulteng terjalin, diawali dengan kunjungan silaturahim Kepala BIN Provinsi Sulteng Brigjen TNI Arman Dahlan ke kediaman Ketua FKUB Sulteng Prof KH Zainal Abidin, di Palu, Kamis sore.

Dalam kunjungan itu, Brigjen TNI Arman didampingi oleh Kabag Ops Khaeruddin Saleh, sementara Prof Zainal didampingi oleh Agustinus Motoh yang merupakan Tokoh Agama Khatolik, Frangky Waleleng Tokoh Bala Keselamatan, pengurus FKUB Sulteng Sagir M Amin dan Ulmuddin Sekretaris MUI Kota Palu.

KH Zainal yang juga Rais Syuriyah PBNU mengatakan bahwa FKUB Sulteng dalam pembinaan umat beragama mengedepankan beberapa program kegiatan di antaranya yaitu Muhibbah Kerukunan.

"Kegiatan ini melibatkan semua tokoh agama dan umat beragama, dari semua agama yang diakui oleh negara, yang ada di Sulteng," ungkap Prof KH Zainal yang juga Ketua MUI Kota Palu.

Muhibbah Kerukunan telah dilaksanakan oleh FKUB di beberapa daerah di Sulteng, di antaranya di Kabupaten Buol, Kabupaten Sigi, Kota Palu, Kabupaten Banggai, dan Kabupaten Poso.

Lewat kegiatan itu, katanya, tokoh - tokoh agama dan umat beragama dari semua agama saling mengunjungi, bersilaturahim dan berdialog.

"Dialog terkait dengan problem - problem keumatan yang dihadapi oleh umat beragama. Dialog itu sekaligus wujud dari keterbukaan umat beragama untuk saling bersilaturahim, menyatukan gagasan, dan mengedepankan persamaan, demi meningkatkan kualitas kedamaian dan kerukunan," ujarnya.

Ia menambahkan, FKUB juga akan mengajak BIN Daerah Provinsi Sulteng dalam kegiatan Muhibbah Kerukunan, untuk menambah penguatan pembinaan umat beragama.
Ketua FKUB Provinsi Sulteng Prof KH Zainal Abidin menyambut kedatangan Kepala BIN Sulteng Brigjen TNI Arman Dahlan dan jajarannya, di kediamannya, di Palu, Kamis (8/9/2022) (ANTARA/Muhammad Hajiji)