Wabup buka resmi kegiatan uji kompetensi Penjabat Morut

id Morut

Wabup buka resmi kegiatan uji kompetensi Penjabat Morut

Wabup Morut H. Djira saat membuka kegiatan uji kompetensi penjabat lingkup Pemkab Morut. ANTARA/HO- MCDD Pemda Morut

Kolonodale, Sulteng (ANTARA) - Sebanyak 21 penjabat eselon II yang terdiri dari kepala dinas/kepala badan mengikuti uji kompetensi (job fit) jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemda Kabupaten Morowali Utara (Morut).

Hasil dari uji kompetensi ini nantinya menjadi dasar pertimbangan kepala daerah dalam mengisi jabatan pada pos-pos jabatan yang sesuai dengan kebutuhan.

Uji kompetensi ini dilakukan untuk mendapatkan data akurat apakah pejabat yang bersangkutan cukup cakap dan kompeten untuk tetap menduduki jabatan atau tidak kompeten lagi.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Asesor Rahman Yape, SPsi, MPsi saat pembukaan uji kompetensi itu di ruang pola Kantor Bupati Morut, Senin (19/9/2022).

Ia menjelaskan uji kompetensi yang awalnya dilakukan setiap dua tahun sekali, saat ini menjadi satu tahun sekali.

"Sesuai ketentuan terbaru, job fit ini dilakukan setiap tahun. Ini dimaksudkan untuk  mengevaluasi kembali posisi seseorang pejabat apakah masih kompeten atau tidak.  Tantangan ke depan semakin berat dan membutuhkan pejabat yang inovatif," ujarnya.

Sementara Wabup Morut H. Djira K saat membuka kegiatan uji kompetensi itu mengemukakan, pejabat pemerintahan di mana pun harus menjadi agen perubahan (agent of change), memiliki kompetensi dan inovatif.

Ia juga berharap agar semua pejabat yang mengikuti uji kompetensi ini harus serius dan sungguh-sungguh karena hasilnya akan sangat menentukan dalam penentuan jabatan selanjutnya.

"Hasil job fit ini akan menentukan apakah seseorang memenuhi syarat untuk menduduki jabatan tertentu," tegas Wabup.

Wabup menambahkan visi besar pemerintah daerah Morut saat ini sangat jelas yakni mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, dan sejahtera (SCS). Visi ini menjadi patokan dasar semua pejabat dalam menjalankan tugas.

Dengan demikian, kata Jira, seorang pejabat yang diberi amanah menduduki jabatan harus benar-benar kompeten dan bermanfaat bagi daerah dan masyarakat.

Diperoleh informasi bahwa setelah job fit ini dilakukan segera akan dilakukan mutasi jabatan. Beberapa jabatan eselon II yang kosong akan dilakukan lelang jabatan secara terbuka.
Sebanyak 21 penjabat eselon dua yang terdiri dari kepala dinas/kepala badan mengikuti uji kompetensi jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemda Kabupaten Morowali Utara (Morut). ANTARA/HO- MCDD Pemda Morut