129 Mahasiswa Prodi Ilkom Untad ikuti program magang mandiri

id Magang

129 Mahasiswa Prodi Ilkom Untad ikuti program magang mandiri

Ketua Program Studi Ilkom FISIP Untad Palu, Citra Antasari SSos, MA. ANTARA/HO-Hanifa

Palu (ANTARA) - Sebanyak 129 mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Tadulako (FISIP Untad) Palu, Sulawesi Tengah, mengikuti program magang mandiri tahun 2022 yang diterjunkan ke berbagai lembaga pemerintah dan swasta.

“Program magang mandiri ini bersifat wajib dengan waktu selama 60 hari, dan membebaskan mahasiswa untuk memilih tempat magang yang sesuai ilmu yang mereka minati,” kata Ketua Program Studi Ilkom FISIP Untad Palu, Citra Antasari SSos, MA, di Palu, Senin.

Citra mengatakan, 129 mahasiswa yang mengikuti program magang mandiri itu berasal dari tiga bidang ilmu konsentrasi pada Program Studi Ilkom, yaitu konsentrasi Public Relation (PR), Jurnalistik dan Broadcasting.

Setiap bidang ilmu konsentrasi tersebut, kata dia, ditempatkan tiga mahasiswa di setiap instansi sesuai bidang ilmunya, yang tersebar di berbagai wilayah, baik di dalam maupun di luar Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ia menyebutkan beberapa instansi/lembaga yang menjadi tempat magang mahasiswa tersebut di wilayah Sulteng, antara lain Perum LKBN Antara Biro Sulteng, SKH Sulteng Raya, Tribun.com, Radio Proskuneo, LPP RRI Palu,  LPP TVRI Sulteng, Podcast Graha Akbar 68 , House Production Palu, KPID Sulteng, Diskominfo Sulteng, Ombudsman Sulteng, BKKBN Sulteng, dan BPS Sulteng.


Selain itu, ujar dia, juga ditempatkan di luar wilayah Sulteng, antara lain SKH Radar Selatan Bulukumba, LPP TVRI Sulsel, LPP RRI Makassar, Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Majene Sulawesi Barat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulsel.

“Program ini bertujuan untuk mengembangkan diri melalui aktivitas di luar perkuliahan agar mahasiswa bisa menerapkan ilmu yang sudah diperoleh di bangku kuliah,” ujarnya.

Citra mengharapkan melalui program ini, mahasiswa bisa memaksimalkan kegiatan magangnya di tempat yang mereka pilih, untuk mencari pengalaman dan membangun serta memperluas jaringan, sehingga bisa menjadi bekal di dunia kerja ke depan.

Salah seorang mahasiswa peserta magang dari Program Studi Ilkom Untad, Maria Karinah tampak antusias dalam mengikuti program magang mandiri yang ditempatkan di kantor media massa SKH Sulteng Raya di Kota Palu.
 
“Saya merasa sangat antusias dalam mengikuti program magang mandiri ini, karena melalui program ini saya bisa menerapkan ilmu yang saya sudah peroleh selama mengikuti enam semester perkuliahan,” ujar Maria yang tengah mengikuti perkuliahan semester tujuh Program Studi Ilkom Untad.