DSLNG buka peluang belajar jadi operator LNG kelas dunia melalui OPA 2023

id dslng,program magang,operator lng,banggai

DSLNG buka peluang belajar jadi operator LNG kelas dunia melalui OPA 2023

Delapan pemuda-pemudi Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, telah terpilih mengikuti Program Pemagangan Operator Kilang LNG atau Operator Program Apprenticeship (OPA) PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) 2023 dan telah memulai perjalanan magang mereka pada Selasa (7/2). (Foto ANTARA/HO-Humas DSLNG)

Palu (ANTARA) - Delapan pemuda-pemudi Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, telah terpilih mengikuti Program Pemagangan Operator Kilang LNG atau Operator Program Apprenticeship (OPA) PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) 2023 dan telah memulai perjalanan magang mereka pada Selasa (7/2). Mereka terpilih dari 500-an pendaftar setelah melalui serangkaian tes, yaitu tes psikologis, tes kemampuan berbahasa Inggris, tes pengetahuan teknis, dan tes kesehatan.

Tahun ini, OPA DSLNG telah memasuki tahun ketiga. Program OPA DSLNG 2023 merupakan program pemagangan yang diadakan DSLNG untuk putera-puteri Kabupaten Banggai dari lulusan teknik. Di mana para peserta diberi kesempatan mempelajari kompetensi sebagai operator lapangan kilang LNG yang andal dan kompeten selama satu tahun. Dari program ini para peserta diharapkan dapat memahami hal-hal terkait dengan melakukan operasi produksi yang aman, mengendalikan sistem pasokan gas, mengendalikan proses produksi dalam hal pemisahan fraksi-fraksi LNG, LPG dan kondensat, mengendalikan penyimpanan LNG dan kondensat, serta pemuatannya ke kapal. Dan yang tidak kalah penting ialah mampu bekerja sama kelompok, menyelesaikan permasalahan teknis, dan berkomunikasi dengan tim kerja lainnya. Program OPA tentunya menjadi kesempatan bagi putera-puteri di daerah Banggai untuk mempelajari berbagai keahlian khusus untuk menjadi operator kilang LNG kelas dunia.

Dalam pelaksanaan OPA 2023 ini, DSLNG bekerja sama dan berkolaborasi dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Migas Cepu yang telah terakreditasi dan tersertifikasi dalam melaksanakan pelatihan, serta ditunjang dengan sarana dan prasarana yang sangat memadai. Nantinya, para peserta OPA akan melewati pelatihan di PPSDM Migas Cepu selama lima pekan dan dilanjutkan dengan magang di Kilang DSLNG di Desa Uso, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai hingga Januari 2024.

“Kami sangat berharap program ini bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman berharga bagi para peserta OPA, sehingga nantinya mereka siap terjun ke dunia kerja, dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan sumber daya manusia di Kabupaten Banggai,” ujar Senior Manager Human Resources DSLNG, Dea Rehenda Ginting.

Dimulainya OPA DSLNG 2023 ditandai dengan acara pembukaan program secara hybrid di Luwuk, yang dihadiri oleh jajaran manajemen DSLNG, di antaranya Operation Director Betantyo Madyantoro dan Corporate Affairs Director Drajat Iman Panjawi. Dari pihak Pemerintah Kabupaten Banggai dihadiri Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banggai, Ernaini Mustatim.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Banggai berpesan agar seluruh peserta OPA mengikuti seluruh rangkaian program pemagangan dengan sungguh-sungguh dan serius, untuk mendapatkan manfaat maksimal dan optimal. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada DSLNG yang telah memberi peluang pengembangan kompetensi di industri migas bagi para pemuda daerah Banggai.