Kadishub Sulteng imbau pemudik gunakan angkutan resmi

id Kadishub Sulteng ,Mudik,Lebaran 2023,Kota Palu ,Sulawesi Tengah

Kadishub Sulteng imbau pemudik gunakan angkutan resmi

Plt Kadishub Sulteng Sumarno saat menyampaikan laporan terkait program mudik gratis di kegiatan pelepasan para pemudik di Palu, Senin (17/4/2023). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Plt Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Sulawesi Tengah Sumarno mengimbau para pemudik yang akan melakukan perjalanan jauh untuk menggunakan angkutan resmi yang legal.

"Untuk para pemudik, kami harapkan untuk berhati-hati di jalan. Kalau dalam perjalanan jauh, sebaiknya tidak menggunakan kendaraan roda dua tapi menggunakan angkutan resmi yang legal dan sudah melakukan program resmi asuransi Jasa Raharja," katanya di Palu, Senin.
 
Sumarno juga meminta masyarakat untuk memperhatikan keselamatan saat dalam perjalanan dengan selalu berhati-hati dan memastikan kondisi fisik sehat.
 
Ia mengemukakan, pihaknya dengan beberapa instansi terkait telah mendirikan posko guna sebagai pemantauan perkembangan dan pergerakan bagi penumpang atau pemudik serta barang maupun laporan-laporan dari masyarakat.
 
"Dari sisi transportasi darat terlihat sepertinya ada peningkatan, begitu pun dari sisi laut maupun udara. Namun belum bisa kami prediksi secara pasti untuk saat ini," katanya.
 
Selain itu, kata dia, pihaknya telah melaksanakan pemeriksaan kelayakan beroperasi atau ramp check terhadap seluruh armada transportasi darat yang akan mengangkut penumpang mudik Lebaran 2023.
 
"Untuk ramp check, yang utamanya kami periksa adalah ban dikarenakan jangan sampai botak, kemudian rem dan lampu berfungsi dengan baik," katanya.
 
Sementara itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Jasa Raharja untuk melakukan pemeriksaan kondisi fisik untuk sopir pengendara angkutan mudik.