Pemprov Sulteng ajak masyarakat lestarikan keragaman budaya

id Pemprov Sulteng,Lestarikan Keragaman Budaya,Sulawesi Tengah,CCTF 2023

Pemprov Sulteng ajak masyarakat lestarikan keragaman budaya

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Novalina didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah, Diah Agustiningsih mengunjungi salah satu stan mitra pariwisata Sulteng pada acara CCTF 2023 di Palu Grand Mall, Kota Palu, Sabtu (10/6/2023). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah mengajak seluruh masyarakat untuk melestarikan dan memelihara keragaman budaya, keanekaragaman hayati, serta keindahan alam yang ada di daerah itu demi membangun Sulteng menjadi lebih sejahtera. 
 


"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk memelihara dan melestarikan keragaman budaya, keanekaragaman hayati, serta keindahan alam yang kita miliki bersama," kata Sekretaris Daerah Sulawesi Tengah, Novalina pada acara Central Celebes Travel Fair (CCTF) 2023 di Palu, Sabtu. 


 


Menurut dia, hal tersebut merupakan modal penting serta strategis untuk membangun provinsi itu menjadi lebih sejahtera dan lebih maju. 


 


Dia mengatakan, Sulawesi Tengah memiliki potensi pariwisata yang luar biasa baik dari sumber daya manusia, maupun sumber daya alamnya. 


 


Keragaman budaya dan keindahan bentangan alam, menurut dia, sudah sepatutnya dikelola dengan baik dan dioptimalkan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu. 


 


Ia menegaskan bahwa pentingnya untuk melakukan pengembangan pada potensi keragaman budaya yang berbasis pada kearifan lokal untuk mewujudkan suatu pembangunan pariwisata yang bijaksana dan bernilai tinggi.


 


"Oleh karena itu, pemerintah provinsi berupaya mewujudkan pariwisata yang penuh kearifan, sehingga Provinsi Sulteng telah membranding Sulawesi Tengah dengan tagline 'Negeri Seribu Megalith'," katanya. 


 


Dia mengatakan, salah satu upaya memperkenalkan pariwisata yang ada di daerah tersebut melalui acara CCTF 2023 yang mengusung tagline berwisata #DiIndonesiaAja.


 


Melalui acara CCTF 2023, Pemprov Sulteng berharap seluruh masyarakat dan dunia internasional dapat mengenali dan mencintai kesenian dan budaya yang ada di provinsi itu yang dikenal dengan 'Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalith'. 


 


CCTV 2023 merupakan acara yang di helat oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah sebagai upaya mewujudkan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (BBI), khususnya di Sulawesi Tengah. 


 


Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 10-11 Juni 2023 yang menawarkan berbagai promosi paket wisata pada masa liburan sekolah yang akan berlangsung dari tanggal 19-30 Juni 2023 mendatang.