Rinov/Pitha maju ke perempat final Indonesia Open usai bungkam Tan/Lai

id Rinov/pitha,Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari ,Indonesia open 2023,bulu tangkis

Rinov/Pitha maju ke perempat final Indonesia Open usai bungkam Tan/Lai

Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy (kanan) dan Pitha Haningtyas Mentari (kiri) melakukan smes ke arah lawannya ganda campuran Prancis Tom Gicquel dan Delphine Delrue dalam babak pertama (32 besar) turnamen Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/6/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom. (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berhasil maju ke babak perempat final Indonesia Open 2023 usai membungkam wakil Malaysia Tan Kiang Meng/Lai Pei Jing di babak kedua (16 besar), Kamis.

Rinov/Pitha berhasil meraih kemenangan melalui dua gim langsung 21-17, 21-16.

Gim pertama dimulai Rinov/Pitha dengan mantap dan memaksa Tan/Lai untuk bermain cepat namun tetap sabar, sehingga akhirnya poin demi poin terus mengalir untuk pasangan Indonesia. Meski demikian, hingga interval gim pertama, Tan/Lai mencoba membalas serangan peraih medali perunggu SEA Games 2019 Filipina itu hingga beberapa kali menyamakan kedudukan.

Rinov/Pitha sempat unggul hingga akhirnya memasuki poin kritis 19-16 dan 20-17. Pasangan Indonesia memaksa Tan/Lai jatuh-bangun menyelamatkan bola-bola sulit yang disuguhkan baik oleh Rinov dan Pitha. Gim pertama yang berlangsung selama 21 menit itu pun berakhir dengan kemenangan Rinov/Pitha dengan skor 21-17.

Pada gim kedua, Rinov/Pitha memulai dengan pola permainan yang tak jauh berbeda dengan gim sebelumnya, sementara lawan juga menanggapi serangan dengan baik dan perebutan poin ketat pun terus terjadi beriringan.

Rinov/Pitha sempat unggul 6-3 sebelum akhirnya Tan/Lai mencoba mengejar ketertinggalan dan terpaut satu angka saja dari mereka 8-7 dan 10-9.

Bola-bola sulit yang ditempatkan kedua pasangan semakin menambah tekanan untuk satu sama lain, namun, dengan kesabaran dan dukungan para penggemar yang memadati Istora membuat Rinov/Pitha berhasil merebut interval gim kedua.

Kepercayaan diri semakin terbangun untuk satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di sektor ganda campuran di turnamen berlevel Super 1000 itu. Rinov/Pitha semakin memperlebar jarak dengan Tan/Lai 19-12.

Di poin kritis, pasangan Malaysia masih mencoba memperpanjang permainan dan meraih empat poin beruntun usai match point yang didapatkan Rinov/Pitha. Dengan tenang, akhirnya pasangan Indonesia memastikan maju ke babak perempat final usai mengemas skor 21-16.

Dengan kemenangan ini, Rinov/Pitha akan bertemu dengan unggulan Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino di babak selanjutnya di Indonesia Open 2023.

Sementara, dua ganda campuran Indonesia Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti harus terhenti langkahnya di babak kedua turnamen yang masuk dalam rangkaian Race to Olympic 2024 itu.